Dukung Rencana Tutup Sementara Wisatawan ke Pulau Komodo, Pelaku Pariwisata Ini Minta Sosialisasi

Penutupan sementara itu kata dia bertujuan agar insting alami Komodo kembali lagi.

Dukung Rencana Tutup Sementara Wisatawan ke Pulau Komodo, Pelaku Pariwisata Ini Minta Sosialisasi
POS KUPANG/SERVAN MAMMILIANUS
Matheus Siagian saat foto bersama Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, beberapa waktu lalu. 

Dukung Rencana Tutup Sementara Wisatawan ke Pulau Komodo, Pelaku Pariwisata Ini Minta Sosialisasi Baik

POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO--Salah satu pelaku pariwisata di Labuan Bajo sekaligus pemilik hotel dan restaurant Matheus Siagian, mengapresiasi dan mendukung rencana penutupan sementara kunjungan wisatawan ke Pulau Komodo.

Namun dia berharap agar rencana itu harus disosialisasikan secara baik agar bisa ditahu secara baik juga bagaimana pola penutupannya serta tujuannya.

"Saya mengapresiasi rencana penutupan Pulau Komodo dengan alasan konservasi rehabilitasi. Pemberitaan mengenai hal ini baiknya dikomunikasikan dengan jelas dan seksama, mengingat kesejahteraan warga di dalam dan sekitar Taman Nasional Komodo bergantung hampir 80% pada pariwisata," kata Matheus kepada POS--KUPANG.COM, Senin (15/7/2019).

Dia menyarankan narasi rencana penutupan itu sebaiknya diubah, yaitu bukan penutupan Komodo tetapi penutupan Loh Liang di Pulau Komodo.

"Mungkin akan lebih bijak jika media dan pemerintah menggunakan nama Loh Liang akan ditutup. Bukan Pulau Komodo karena hal ini dapat disalahartikan oleh orang awam dan wisatawan lainnya yang tidak dapat membedakan antara Pulau Komodo, binatang Komodo, Taman Nasional Komodo. Belum lagi bedanya dengan Kecamatan Komodo," kata Matheus.

Disampaikannya bahwa peran pemerintah dalam pemilihan kata dan sosialisasi sangat krusial agar tidak berdampak negatif pada pengurangan jumlah wisatawan di salah satu kawasan strategis pariwisata nasional itu.

"Sebagai pengusaha kecil yang bergantung pada pariwisata, mungkin penyampaian maksud yang membuat deg-degan ini dapat disosialisasikan dengan lebih baik. Tentu saja, saya mendukung semua rencana pembangunan di Manggarai Barat. Bandara menjadi bandara internasional, pelabuhan kontainer akan di pindahkan ke Nanga Bido, perapihan Gua Batu Cermin dan penutupan sementara Pulau Komodo," kata Matheus.

Menurutnya, dia percaya bahwa rencana penutupan tersebut sudah dipertimbangkan secara matang oleh pemerintah dan melewati kajian-kajian.

"Menanggapi penutupan sementara Pulau Komodo, saya yakin sekali kalau Presiden yang bicara beliau pasti punya pertimbangan dan perencanaan yang matang. Kalau Pak Presiden ingin menutup demi konservasi pastinya beliau sudah pikirkan apa yang akan diberikan kepada penduduk Pulau Komodo selama pulau ditutup," kata Matheus.

Halaman
12
Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved