Di Sumba Timur-NTT, Sampah Berserakan di Area Patung Kuda Waingapu

rea Patung Kuda di KM 8 arah barat, Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur kini mulai jorok pemandanganya. Area yang merupakan tempat peristirahatan dan

Di Sumba Timur-NTT, Sampah Berserakan di Area Patung Kuda Waingapu
POS-KUPANG. COM/ROBERT ROPO
Sampah berserakan di area patung kuda Km 8 Kota Waingapu. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU---Area Patung Kuda di KM 8 arah barat, Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur kini mulai jorok pemandanganya. Area yang merupakan tempat peristirahatan dan referesing bagi warga Kota Waingapu itu dipenuhi sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Sumba Timur Ida Bagus Putu Punia mengatakan pihaknya akan menempatkan tempat sampah, untuk mengurangi sampah yang dibuang sembarangan di area Tugu Patung Kuda itu.

Ida Bagus menyampaikan itu ketika dikonfirmasi POS-KUPANG.COM, Senin (15/7/2019) siang.

Ida Bagus mengatakan pihaknya akan siap menempatkan tempat sampah di area tersebut. Namun, saat ini untuk tempat sampah pihaknya baru mengajukan untuk pengadaan tempat sampah pada perubahan.

"Untuk tempat sampah baru kami ajukan dalam perubahan. Kalau sudah terjawab maka pasti kami akan tempatkan sampah di area itu,"ungkap Ida Bagus.

Ida Bagus juga mengatakan, terkait sampah pihaknya akan membresihkanya. Pada setiap hari Jumat dalam pekan, pihaknya selalu membresihkan sampah yang berserakan di seluruh titik di wilayah Kota Waingapu dan sekitarnya.

"Untuk sampah yang ada, kami akan bersihkan setiap hari jumat. Perintah pak gubernur waktu Parade Kuda, masyarakat yang bawa plastik/botol plastik supaya dibawa pulang dan yang merokok membawa asbak sendiri dan puntungnya diamankan,"tandas Ida Bagus.

Kakak Beradik Siap Tempur Malam Ini di Lapangan Betun

Persib Bandung iIncar Striker Steven Lustica di Putaran 2, IniTanggapan Bobotoh di Instagram

Daftar Nama Menteri Bakal Terdepak Kursi Kabinet Jokowi Jilid II, Imam Nahrawi Disebut, Lainnya?

Pelti NTT Hidupkan Tenis Piala Gubernur, Kajati Cup, Danrem Cup dan Kapolda Cup, Simak Kata Roedy

Sementara itu, pantauan POS-KUPANG.COM, Senin (15/7/2019) terlihat area tugu Patung Kuda itu tersebar dan terkumpul berbagai macam jenis sampah. Lebih dominan adalah sampah kertas bungkus nasi, botol gelas minuman mineral, minuman penyegar, dan kantong-kantong plastik.

Terlihat di alun-alun area Patung Kuda itu dipenuhi sampah-sampah itu. Selain itu, tidak terlihat satu tempat sampah pun yang di letakan pada area itu.

Yeni Rambu salah seorang warga Kota Waingapu, ketika ditemui POS-KUPANG. COM di lokasi itu, meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup Daerah Sumba Timur untuk selalu rutin membresihkan area itu.

Selain itu, dinas juga seharus menempatkan tempat sampah di area itu, agar pengunjung tidak buang sembarangan sampah usai minum atau makan.

"Tempatkan tempat sampah juga agar masyarakat atau warga bisa buang sampah di tempatnya. Kasihan kalau begini lokasi ini sebagai tempat rekreasi juga, tapi ini merupakan gerbang masuk Kota Waingapu, jadi harus bersih,"tambah Muhamad salah seorang warga lainya. (*)


Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved