Berita Religi

Delkit Nusra Gelar Pelatihan Fasilitator Kitab Suci, Atasi Kekurangan Fasilitator Dalam Katakese

Delkit) Nusra Regio Nusa Tenggara menggelar pelatihan Fasilitator Kitab Suci di Lewoleba, Rabu (3/7/2019) sampai Minggu (7/7/2019).

Delkit Nusra Gelar Pelatihan Fasilitator Kitab Suci, Atasi Kekurangan Fasilitator Dalam Katakese
Dokumentasi Romo Sipri Senda
Pelatihan Fasilitator Kitab Suci 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Apolonia Matilde Dhiu

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Delegasi Kitab Suci (Delkit) Nusra Regio Nusa Tenggara (Nusra) menggelar pelatihan Fasilitator Kitab Suci di Lewoleba, Kabupaten Lembata, Rabu (3/7/2019) sampai Minggu (7/7/2019).

Pelatihan yang merupakan keguatan rutin dua tahunan dari Delkit Nusra didukung oleh Lembaga Biblika Indonesia (LBI) sebagai rekomendasi hasil Pertemuan Nasional LBI 2016.

Ketua Penghubung Deklit Nusra, Romo Sipri Senda, Pr, kepada Pos Kupang di Kupang, Jumat (12/7/2019), mengatakan rekomendasi tersebut berangkat dari kenyataan di banyak keuskupan se-Indonesia yang kekurangan tenaga fasilitator handal untuk memimpin katekese pada bulan September.

Enam Ekor Komodo Dilepas di Pulau Ontoeloe Riung Kabupaten Ngada

Romo Sipri mengatakan, pelatihan tersbeut dihadiri peserta
pegiat kitab suci dari Keuskupan se-Nusra, yaitu Keuskupan Ruteng, Keuskupan Agung Ende, Keuskupan Maumere, Keuskupan Larantuka, Keuskupan Weetebula, Keuskupan Agung Kupang dan Keuskupan Atambua.

Keuskupan Denpasar, kata Romo Sipri, berhalangan hadir karena terbentur dengan kegiatan lain. Sementara, katanya,
Keuskupan Larantuka mendapat giliran untuk menjadi tuan rumah pada pertemuan kali ini. Delkit Keuskupan Larantuka memutuskan kegiatan ini terlaksana di Lewoleba.

Rm. Sipri menjelaskan kegiatan ini menggunakan sistim TOT, yaitu pelatihan untuk pelatih. Dia berharap dari pelatihan tersebut para peserta dari tiap keuskupan maupun paroki dapat menjadi pelatih di tempat masing-masing sehingga masalah kekurangan fasilitator handal dapat teratasi.

Hadiri Lion King European Premiere, Beyonce Mencuri Perhatian di Karpet Merah Bertabur Bintang

Ketua Delkit Keuskupan Larantuka, Rm. Silvinus Sabon Helan, mengatakan, selama ini kegiatan komisi-komisi selalu terjadi di Larantuka, sedangkan keuskupan ini terdiri dari tiga dekenat yaitu Larantuka, Adonara dan Lembata.

Kesulitan transportasi membuat utusan dari dekenat Lembata kerap sedikit saja yang hadir.

"Pilihan kegiatan di Lembata kali ini akan membantu para peserta dari dekenat Lembata dapat hadir semuanya dari paroki-paroki sehingga tiap paroki dapat memiliki fasilitator yang terlatih," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Apolonia M Dhiu
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved