Kris Dua: Permainan Rakyat Dhongi Koti Harus Tetap Dilestarikan

Wakil Ketua DPRD Nagekeo, Kristianus Dua Wea mengatakan Dhongi Koti (permainan gasing) harus dilestarikan

Kris Dua: Permainan Rakyat Dhongi Koti Harus Tetap Dilestarikan
pos kupang.com, adiana ahmad
Wakil Ketua DPRD Nagekeo, Kristianus Dua Wea

Kris Dua: Permainan Rakyat Dhongi Koti Harus Tetap Dilestarikan

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | MBAY- Wakil Ketua DPRD Nagekeo, Kristianus Dua Wea, hadir dalam even Dhongi Koti Festival Atraksi 101 Gasing pada Even Tinju Adat (Etu) Nataia di Kampung Nataia Boanio Desa Olaia Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo, Sabtu (13/7/2019).

Kristianus memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan tersebut. Pasalnya warisan budaya leluhur terus dipertahankan dan dilestarikan hingga saat ini.

Budaya Etu (tinju adat) dan Dhongi Koti (permainan gasing) dilaksanakan dalam rangka melestarikan budaya dan menjadi ikon menarik perhatian wisatawan.

"Lembaga DPRD sangat mengapresiasi ini. Kegiatan hari ini sungguh merespon ketika ditawari ketika itu. Suku Nataia mendukung program bupati dan wakil bupati Nagekeo. Kegiatan ini dilestarikan dan terus dilanjutkan kedepan," ungkap Kristianus.

Politisi Golkar itu meminta Dinas Pariwisata Nagekeo untuk jadikan festival Dhongi Koti even tahunan yang mesti dirancang dengan baik. Sehingga ada dampak yang dirasakan.

Kemajuan dan pengembangan Pariwisata Nagekeo harus terus didukung. Suku Nataia sudah memulainya sejak saat ini. Pemda dan DPRD tentu sangat komit untuk membangun Nagekeo kedepan.

Warga KKSS Wajib Berkontribusi dan Bermanfaat bagi Orang di Sekeliling

"Kegiatan ini harus diagendakan secara permanen oleh dinas pariwisata. Ini yang menjadi prioritas, ini menjadi komitmen Pemda dan DPRD Nagekeo," tegasnya.

Kristianus menegaskan kegiatan tersebut tidak saja selesai hari ini namun harus tetap dilanjutkan. Sehingga sudah menjadi budaya dan tradisi yang akan terus diwariskan terus menerus sampai ke anak cucu.

Halaman
12
Penulis: Gordi Donofan
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved