Ajak Warga Kawal Dana Desa, Pemuda di Amfoang Barat Laut Pasang Baliho di Enam Desa

Enam desa yang telah dipasang baliho di antaranya Desa Oelfatu, Desa Soliu, Desa Faumes, Desa Timau, Desa Saukibe dan Desa Honuk.

Ajak Warga Kawal Dana Desa, Pemuda di Amfoang Barat Laut Pasang Baliho di Enam Desa
Dokumentasi Gusti Haupunu untuk POS-KUPANG.COM.
Foto bersama usai pemasangan baliho di wilayah Kecamatan Amfoang Barat Laut, Kabupaten Kupang, Rabu (10/7/2019) siang. 

Ajak Warga Kawal Dana Desa, Pemuda di Amfoang Barat Laut Pasang Baliho di Enam Desa

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Dalam rangka mengajak warga untuk mengawal penggunaan dana desa, sejumlah pemuda di Kecamatan Amfoang Barat Laut, Kabupaten Kupang memasang baliho di enam desa di kecamatan tersebut.

Baliho tersebut berisi seruan untuk mengawal dana desa (Ayo Kawal Dana Desa). Baliho ini diunduh dari situs kemendesa.go.id selanjutnya mereka melakukan pencarian dana lalu mencetak sebanyak 7 baliho berukuran 150 x 1 m.

Pemasangan dilakukan pada Rabu (10/7/2019) pagi sekitar pukul 08.00 Wita hingga pukul 15.00 Wita.

Enam desa yang telah dipasang baliho di antaranya Desa Oelfatu, Desa Soliu, Desa Faumes, Desa Timau, Desa Saukibe dan Desa Honuk.

Selain memasang baliho di tempat keramaian seperti di pasar dan jalan umum, mereka juga membagikan selebaran kepada warga.

"Pengalaman kami selama ini pengelolaan dana desa tidak transparan," ungkap Herdy Banu, salah seorang pemuda Oelfatu yang juga sebagai penggagas ide pemasangan baliho dalam rilis yang diterima POS-KUPANG.COM, Sabtu (13/7/2019) pagi.

Hal senada disampaikan pemuda lainnya yang berasal dari Desa Soliu, Gusti Haupunu. Akibat, tidak adanya transparansi dalam pengelolaan anggaran yang terjadi di desanya, kata Gusti, pihaknya sudah melaporkan hal tersebut ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kupang beberapa waktu lalu.

"Karena tidak transparan (pengelolaan dana desa) kami telah melaporkan Desa Soliu ke Dinas PMD Kabupaten Kupang dan Inspektorat dalam surat gugatan kami tanggal 24 Juni 2019 lalu," jelasnya.

Dikesempatan yang sama, pemuda dari desa Oelfatu, Ello Taneo mengharapkan, kegiatan tersebut dapat menjadi informasi kepada masyarakat agar berpartisipasi aktif dalam pembangunan desa.

"Pengelolaan dana desa bisa baik untuk kemajuan masyakat jika kita bersama dapat berperan dalam pemantauan pengelolaan dana desa," tegasnya.

Setelah pemasangan baliho dipasang pemuda Amfoang ini juga bersepakat membentuk wadah organisasi untuk mengawasi semua pengelolaan dana desa yang ada di kecamatan amfoang barat laut.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana)

Penulis: Gecio Viana
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved