Viktor Laiskodat Janji Tahun Depan Festival Sandelwood Dibikin Hebat

Gubernur NTT Victor Bungtilu Laiskodat berjanji pada tahun depan tahun 2020 Festival Sandelwood dan Expo Tenun Ikat Sumba akan dibikin lebih hebat

Viktor Laiskodat Janji Tahun Depan Festival Sandelwood Dibikin Hebat
POS-KUPANG.COM/ ROBERT ROPO
Gubernur NTT, Viktor Laiskodat Naik Kuda dalam Festival Sandelwood Sumba Timur 

Viktor Laiskodat Janji Tahun Depan Festival Sandelwood Dibikin Hebat

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU- Gubernur NTT Victor Bungtilu Laiskodat berjanji pada tahun depan tahun 2020 Festival Sandelwood dan Expo Tenun Ikat Sumba akan dibikin lebih hebat.

"Pak bupati bilang mohon maaf festival ini dibuat pas-pasnya, tapi ini yang salah gubernurnya bukan bupatinya yang salah. Ini kita akan siapkan yang benar, tahun depan dibikin hebat betul,"ungkap Viktor saat memberikan sambutan pada acara Parade Kuda dalam kegiatan Festival Sandelwood dan Expo Tenun Ikat Sumba Tahun 2019 yang berlangsung di Puru Kambera, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Jumat (12/7/2019) siang.

Menurutnya untuk dibikin hebat, tidak cukup hanya dengan 3 A bagi orang NTT, harus ada 5 A bagi orang NTT yakni amenitas, aksesibilitas, atraksi baik budaya maupun alam, akomodasi harus disiap dengan benar, dan juga awareness dimana orang harus paham tentang pariwisata.

Gubernur NTT, Viktor Laiskodat Naik Kuda dalam Festival Sandelwood Sumba Timur
Gubernur NTT, Viktor Laiskodat Naik Kuda dalam Festival Sandelwood Sumba Timur (POS-KUPANG.COM/ ROBERT ROPO)

"Harus baca narasinya, dimana kuda-kuda harus lari dari punggung gunung, jadi narasinya harus pas betul, karena saya lihat alamnya sudah mendukung betul. Saya tadi duduk disini saya bilang wah hebat betul,"ungkap Victor.

Victor juga mengharapkan agar pada festival pada Tahun depan agar, sudah ada villa-villa yang sudah dibangun dengan baik untuk mendukung kegiatan festival tersebut, sehingga para tamu tidak lagi harus pulang lagi ke Waingapu.

Jadwal Festival Bulan Juli 2019 di Berbagai Daerah Indonesia, Ada Festival Sandelwood di Sumba

"Kita juga harus menyiapkan dengan baik seluruh atraksi budaya di Sumba dengan keindahan alam kita yang luar biasa seperti ini. Saya juga akan mendorong dinas Pariwisata Propinsi NTT untuk mampu bersinergi dengan semua dinas Pariwisata di Sumba,"katanya.

Menurut Victor untuk kegiatan festival di Sumba tidak perlu dilakukan hanya di daerah masing-masing di Sumba, namun dilakukan secara bersamaan untuk empat Kabupaten di Sumba pada satu tempat. Harus disiapkan dengan benar terkait seluruh rangkaian kegiatan mulai dari tarian dari masing-masing kabupaten di Sumba, begitu juga kuda-kuda.

VIDEO: Expo Tenun Ikat Sumba Top Even Festival Indonesia

"Jadi kita harapkan sedikitnya 5.000 ekor kuda ada dalam parade kuda. Dan tempatnya terbaik menurut saya hanya di Puru Kambera ini yang ada dalam imajinasi saya untuk jadikan tempat sebagai festival Sandelwood dengan desain yang baik dimana dipadukan dengan fashion show dan lagu-lagu serta musik-musik sumba, dan ibu-ibu penenun Sumba dari 1000-2000 orang dari empat kabupaten ini,"kata Victor.

Parade Kuda dalam Festival Sandelwood Sumba Timur
Parade Kuda dalam Festival Sandelwood Sumba Timur (POS-KUPANG.COM/ ROBERT ROPO)
Halaman
123
Penulis: Robert Ropo
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved