VIDEO: Expo Tenun Ikat Sumba Top Even Festival Indonesia

VIDEO: Expo Tenun Ikat Sumba Top Even Festival Indonesia. Acara tersebut berlangsung di Waingapu, \Ibukota Kabupaten Sumba Timur, NTT.

VIDEO: Expo Tenun Ikat Sumba Top Even Festival Indonesia

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU – VIDEO: Expo Tenun Ikat Sumba Top Even Festival Indonesia

Bupati Sumba Timur Drs. Gidion Mbilijora, M.Si mengatakan, Expo Tenun ikat merupakan rangkaian dari event Festival Sandelwood yang dimulai  Jumat (12/7/2019) di Puru Kambera, Kanatang.  Event itu merupakan event resmi Kementerian Pariwisata dan masuk dalam 100 Top event festival di Indonesia.

Oleh karena itu, kata Bupati Gidion, pihaknya akan terus mengembangkan event tersebut dari tahun ke tahun. Pada tahun ini, peserta jumlah penenun bertambah dari tahun sebelumnya.

"Para peserta tersebut tergabung dari beberapa sanggar. Makanya penenunnya makin profesiona, harga jual kain tenun pun makin terjangkau sesuai kualitas kain,"ungkap Gidion.

VIDEO: 200 Penenun Sumba Timur Ramaikan Expo Tenun Ikat Sumba Tahun 2019

VIDEO: Acara Pembersihan Rumah Adat di Manggarai, NTT

VIDEO: Ini Rancangan Presiden Jokowi Untuk Taman Nasional Komodo

Menurut dia, pada Festival Sandelwood dan Expo Tenun Ikat tahun depan, akan dipadukan dengan festival karnaval tenun ikat Sumba Timur dengan model-model kreatif seperti festival setiap tahun di bulan Agustus.

"Ini yang kita rencanakan. Ini yang kita mau, sehingga ada kreatif  lainya. Tujuan makin banyak orang yang datang ke Sumba Timur," kata Gidion.

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Sumba Timur Umbu Maramba Meha mengatakan, peserta yang mengikuti Expo Tenun Ikat Sumba itu sebanyak 200 orang.

Umbu Maramba juga menjelaskan,  dalam kegiatan itu, selain ada Expo Tenun Ikat, juga ada pameran tenun ikat. Pameran tenun ikat itu berlangsung selama 3 hari yakni 11-13 Juli 2019.

Pantauan POS-KUPANG.COM, sekitar 200 rambu (sapaan khawas perempuan Sumba), mengujuk kebolehannya menenun kain tenun motif Sumba Timur.

VIDEO: Bupati Sumba Timur Menyapa Penenun Saat Expo. Lihat Gayanya

VIDEO: Taman Nasional Komodo Dijadikan Destinasi Premium. Ini Kata Presiden Jokowi

VIDEO: RM BTS Makin Ganteng, Kecerdasannya pun Mumpuni, ARMY Sudah Tahu?

Halaman
12
Penulis: Robert Ropo
Editor: Frans Krowin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved