Kementerian dan Lembaga Dukung Percepatan Pembangunan melalui Festival Literasi Nagekeo 2019

--Nagekeo memiliki kekayaan praktik literasi yang mengakar pada budaya dan jati dirinya.

Kementerian dan Lembaga Dukung Percepatan Pembangunan melalui Festival Literasi Nagekeo 2019
istimewa
Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do dan Wakil Ketua DPRD Nagekeo, Kristianus Dua Wea bersama pejabat kementerian dan lembaga saat rapat koordinasi persiapan Festival Literasi Nagekeo di Kantor Kementerian PMK RI di Jakarta, Kamis (11/7/2019). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | MBAY --Nagekeo memiliki kekayaan praktik literasi yang mengakar pada budaya dan jati dirinya.

Kemampuan membaca teks kultural membekas pada trajektori historis yang sangat panjang.

Dalam menghadapi persoalan hidupnya, leluhur Nagekeo telah mewariskan cara membaca aksara alam dan budaya dengan proses kognitif yang istimewa.

Masyarakat Nagekeo hidup bersuku-suku dengan kekayaan bahasa dan dialek, sistem pengetahuan, sistem kemasyarakatan, ritual, sistem peralatan dan teknologi, artefak, seni dan kerajinan.

Itulah bukti kuat yang mengharuskan masyarakat Nagekeo berbesar hati untuk menggali dan mempertahankan kearifan lokal dan bangkit merumuskan jati diri masa depannya.

TIm SAR Hentikan Pencarian  Siswa  SMKN  Larantuka-NTT di Kangean, Jawa Tengah

BREAKING NEWS: Di Kabupaten Manggarai-NTT, Rumah Dinas Puskesmas Timung Terbakar

Demikianlah disampaikan Bupati Nagekeo, dr. Johanes Don Bosco Do, dihadapan para pejabat dari berbagai kementerian/lembaga yang digelar di Kantor Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, dalam rangka Rapat Koordinasi Persiapan Festival Literasi Nagekeo Tahun 2019 di Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Bupati Don mengatakan berbagai belenggu permasalahan yang dialami saat ini tidak boleh menghentikan langkah maju menuju masyarakat yang sejahtera, nyaman dan bermartabat.

Begini Aturan Baru di Kelurahan, Bagi Kedapatan Berzinah Dikenai Denda Rp 1,5 Juta

Diduga terkait Suap Reklamasi, KPK Tahan Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun

Sesungguhnya Nagekeo bukanlah tidak memiliki modal dasar yang besar.

"Tuhan telah memberikan alam yang kaya berupa topografi, geologi dan hidrologi yang mendukung pertanian, perikanan dan kelautan, perkebunan, dan peternakan dan lain-lain untuk memecahkan semua persoalan hidupnya. Nagekeo juga memiliki posisi geostrategis yang menguntungkan karena berada di tengah-tengah Pulau Flores dan pantas dijuluki The Heart of Flores (Jantung dari Flores). Selain itu, bisa dikembangkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus yang membentuk segitiga emas di Pesisir Utara dengan Kawasan Pariwisata Nasional dan Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo," tegas Bupati Don dalam siaran pers yang diterima POS KUPANG.COM dari Kabag Humas dan Protokol Setda Nagekeo, Gaspar Taka, Jumat (12/7/2019).

Halaman
123
Penulis: Gordi Donofan
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved