Inggris Terpaksa Akhiri Uji Coba Setelah Kapal Induk Baru Seharga Rp 53 Triliun Dinyatakan Bocor

Kapal induk terbaru yang dibangun Inggris dilaporkan terpaksa mengakhiri uji coba dan harus kembali ke pelabuhan setelah mengalami kebocoran.

Inggris Terpaksa Akhiri Uji Coba Setelah Kapal Induk Baru Seharga Rp 53 Triliun Dinyatakan Bocor
The Guardian
Kapal induk HMS Queen Elizabeth milik Inggris, yang bernilai 3,1 miliar poundsterling atau Rp 56,3 triliun. 

POS-KUPANG.COM - Kapal induk terbaru yang dibangun Inggris dilaporkan terpaksa mengakhiri uji coba dan harus kembali ke pelabuhan setelah mengalami kebocoran.

HMS Queen Elizabeth, kapal terbesar dan terkuat yang pernah dibangun oleh Inggris, awalnya menarik sauh dari Portsmouth dalam pelayaran uji coba selama lima pekan.

Namun diwartakan BBC dan CNN Kamis (11/7/2019), kapal dengan dek sepanjang 280 meter itu terpaksa mengakhiri uji coba lebih cepat dan kembali ke Portsmouth Selasa (9/7/2019).

"Menyusul masalah minor pada sistem internal pada HMS Queen Elizabeth, perusahaan galangan kapal diperlukan untuk menyedot sejumlah kecil air dari kapal," ujar angkatan laut.

Sumber mengatakan kepada BBC, sumber kerusakan kapal berbanderol 3,8 miliar dollar AS, atau sekitar Rp 53,4 triliun itu berasal dari pipa yang pecah.

Pipa yang disebut bertekanan tinggi itu menyemburkan air dengan kuat dan menyebabkan tangga menjadi rusak serta sejumlah pelat dek menjadi pecah.

Selain itu berdasarkan informasi dari sumber, kebocoran yang terjadi sangat serius karena di beberapa kompartemen, air yang masuk sudah setinggi leher.

Namun Angkatan Laut menepis kabar itu, dan menyatakan kapal induk itu sudah menjalani perawatan serta inspeksi di galangan kering pada Mei lalu.

"Selama di air, 284 katup lambung diganti, pipa saluran air diperiksa, kemudi dibersihkan, dan lapisan cat anti-karat juga dipasang," ujar AL kerajaan.

HMS Queen Elizabeth dilaporkan sudah mengalami sejumlah masalah di antaranya kebocoran segel poros yang menyebabkan masuknya 200 liter air setiap jam.

Kemudian Mei lalu, kapten kapal itu diberitakan dicopot dari jabatannya atas dugaan dia menyalahgunakan jabatan dengan menggunakan mobil Kementerian Pertahanan.

HMS Queen Elizabeth direncanakan bakal diberangkatkan ke AS pada tahun ini untuk menguji coba dengan jet tempur F-35 varian B yang bisa mendarat secara vertikal.

AL Inggris mengklaim HMS Queen Elizabeth dan HMS Prince of Wales yang tengah dibangun merupakan kapal perang terbesar yang mereka mereka bangun.

Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Kapal Induk Baru Inggris Berharga Rp 53 Triliun Bocor, Terpaksa Akhiri Uji Coba, https://aceh.tribunnews.com/2019/07/11/kapal-induk-baru-inggris-berharga-rp-53-triliun-bocor-terpaksa-akhiri-uji-coba.

Editor: faisal

Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved