Forkompimcam Amsel Gandeng Masyarakat Empang Kali Panite Untuk Keperluan Irigasi

Forkompimcam Amanuban Selatan menggandeng masyarakat Bena, Polo, Kiubaat dan beberapa desa tetangga empang kali panite

Forkompimcam Amsel Gandeng Masyarakat Empang Kali Panite Untuk Keperluan Irigasi
POS-KUPANG.COM/ DION KOTA
kerja bakti membangun Empangan di kali Panite agar air kali bisa masuk ke saluran irigasi persawahan dataran Bena 

Forkompimcam Amsel Gandeng Masyarakat Empang Kali Panite Untuk Keperluan Irigasi

Laporan Reporter Pos-Kupang.Com, Dion Kota

POS-KUPANG.COM | SOE - Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan ( Forkompimcam) Amanuban Selatan yang terdiri dari unsur Pemerintah Kecamatan Amanuban Selatan, Koramil Amanuban Selatan dan Polsek Amanuban Selatan, Jumat (12/7/2019) menggandeng masyarakat Bena, Polo, Kiubaat dan beberapa desa tetangga yang memiliki lahan persawahan di dataran bena menggelar kerja bakti mengempang kali Panite tepatnya di titik sipon ofatu.

Empangan ini dimaksud untuk memaksimalkan air kali untuk keperluan irigasi persawahan dataran Bena.

Air yang diempang selanjutnya diarahkan masuk ke pintu air yang selanjutnya mengalir ke saluran irigasi persawahan bena.

Kerja bakti yang melibatkan ratusan masyarakat ini meliputi, pemasangan patok, mengisi karung dengan lumpur atau pasir lalu menyusun karung yang sudah berisi lumpur atau pasir sesuai patok yang ditanam.

Empangan yang dibangun dalam kerja bakti ini setinggi 1,5 meter dan panjang hampir 25 meter.

"Untuk menyukseskan musim tanam ke II, maka kita harus Maksimal air kali yang ada. Salah satu caranya dengan mengempang kali Panite lalu mengarahkan airnya masuk ke saluran irigasi. Makanya hari ini bersama masyarakat kita gelar kerja bakti membangun Empang dibekali Panite sehingga air kali seluruhnya bisa masuk ke dalam saluran irigasi," ungkap Camat Amanuban Selatan, Jhon Asbanu.

KPP Pratama Kupang Kunjungi Panti Asuhan, Wujudkan Pajak Peduli Anak Yatim

Selain melakukan kerja bakti membangun empangan di kali Panite, bersama unsur Forkompimcam dan masyarakat, kerja bakti juga dilakukan untuk membersihkan rumah dinas petugas pintu air yang selama ini belum dimanfaatkan.

Sesuai arahan bupati, petugas pintu air wajib tinggal di rumah tersebut sehingga kita lakukan pembersihan.

"Tadi sebelum ke titik sipon ofatu, kita terlebih dahulu membersihkan rumah dinas petugas pintu air agar bisa segera dimanfaatkan. Nantinya ada beberapa bagian rumah tersebut yang akan direhab oleh Dinas PU sebelum ditempati," ujarnya.

Nasabah Juluki Koperasi Harian Dengan Sebutan Koperasi Selamat Pagi

Selain di kali Panite, untuk menyukseskan musim tanam ke II, pemerintah kabupaten TTS juga melakukan pengempangan di kali Noelmina dan satu kali kecil lainnya. Air dari tiga kali yang melintas di dataran akan diarahkan masuk ke dalam saluran irigasi rata Bena.

"Di dua titik lainnya alat berat sudah bekerja untuk membuat empangan agar air kali masuk ke dalam saluran irigasi. Hal ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan air irigasi untuk persawahan dataran Bena di musim tanam ke II ini," jelas Asbanu. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved