DPRD NTT Dukung Komodo Jadi Kawasan Eksklusif

Anggota DPRD NTT, Yohanes Rumat mendukung upaya pemerintah menjadikan Pulau Komodo di Kabupaten Manggarai Barat menjadi kawasan eksklusif.

DPRD NTT Dukung Komodo Jadi Kawasan Eksklusif
KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA
Komodo di Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. 

DPRD NTT Dukung Komodo Jadi Kawasan Eksklusif

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Anggota DPRD NTT, Yohanes Rumat mendukung upaya pemerintah menjadikan Pulau Komodo di Kabupaten Manggarai Barat menjadi kawasan eksklusif.

Karena itu, Pulau Komodo perlu dibenahi dari semua segi termasuk sarana prasarana.

Yohanes mengatakan hal ini, Jumat (12/7/2019).

Menurut Yohanes, selaku DPRD NTT, dirinya mendukung pemerintah untuk melakukan pembenahan kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) ,yang dimulai dari Pulau Komodo.

"Dalam pembenahan itu, maka pemerintah berencana menutup kunjungan ke Pulau Komodo. Jadi perlu diluruskan, bahwa penutupan TNK itu hanya di Pulau Komodo, sedangkan pulau lain tidak ditutup," kata Yohanes.

Dijelaskan, setelah obyek wisata di Pulau Komodo ditutup, maka wisatawan yang hendak melihat Komodo bisa diarahkan ke Pulau Rinca,yang juga berada di dalam kawasan TNK.

"Saya selaku pelaku pariwisata yang bergerak di bidang travel agent, sekaligus sebagai anggota DPRD provinsi NTT dari Fraksi PKB merasa senang dan berbangga bahwa isu-isu yang disampaikan oleh Gubernur NTT , Viktor Laiskodat beberapa waktu lalu terkait dengan penutupan TNK dan isu kenaikan tarif masuk mampu memmengaruhi orang nomor satu di Republik Indonesia atau bapak Presiden sehingga turun langsung ke TNK," jelasnya.

Kadis Perhubungan Sumba Barat Mengaku Tidak Berwenang Tangani AKDP

Politisi PKB NTT ini mengatakan, tentu kunjungan itu akan memberikan gambaran yang pasti bahwa negara maupun pemerintah NTT serius untuk melakukan langkah perubahan dalam menyikapi apa yang terjadi di TNK seperti ancaman kepunahan kelestarian habitat Komodo, mangsa komodo dan lainnya.

Halaman
12
Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved