Ini Rancangan Besar Presiden Jokowi Di Taman Nasional Komodo

Presiden Jokowi menyebut ada rancangan besar yang akan dilakukan di dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK). Seperti apa? Baca Info lengkap di sini

Ini Rancangan Besar Presiden Jokowi Di Taman Nasional Komodo
POS-KUPANG.COM/SERVAN MAMMILIANUS
Presiden Jokowi Tiba di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Rabu (10/7/2019). 

Ini Rancangan Besar Presiden Jokowi Di Taman Nasional Komodo

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Servatinus Mammilianus

POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO- Kepada wartawan saat berkunjung ke Pulau Rinca, Kamis (11/7/2019) pagi, Presiden Jokowi menyebut ada rancangan besar yang akan dilakukan di dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK).

"Nanti akan kita desain, desain besar, rancangan besar mana yang untuk turis, mana yang untuk konservasi. Mana yang dikuota mana yang tidak. Kita ingin nanti misalkan Pulau Komodo betul-betul lebih ditujukan untuk konservasi sehingga turis di situ betul-betul kita batasi ada kuota, bayarnya mahal. Kalau ngga mampu bayar, ngga usah ke sana. Misalnya seperti itu tetapi mau lihat Komodo juga masih bisa di Rinca," kata Jokowi.

Dijelaskannya, rancangan besar itu sebentar lagi akan dibuatkan, rapat terbatas sehingga betul-betul green desainnya itu sambung antara Labuan Bajo, Rinca, Komodo, lautnya, semuanya.

Presiden Jokowi Tiba di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Rabu (10/7/2019).
Presiden Jokowi Tiba di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Rabu (10/7/2019). (POS-KUPANG.COM/SERVAN MAMMILIANUS)

"Akan didesain dengan baik dan dikerjakan tidak parsial. Kita ini senangnya mengerjakan parsial, anggaran setahun klik Rp 200 juta, Rp 500 juta. Jadi mau buat apa. Jadi betul-betul dirancang, uang sekali keluar tetapi dirancang, direncanakan dan betul-betul dari turun di airport sampai ke tempat-tempat tujuan betul-betul keliatan sambung semuanya. Kira-kira begitu," kata Jokowi.

Dia menyampaikan bahwa kawasan dalam TNK antara lain ada Pulau Komodo, ada Pulau Rinca, kemudian ada lautnya. Sehingga pembenahan kawasan pembangunan, fasilitas-fasilitas pendukungnya betul-betul terintegrasi semuanya.

"Karena ini memang ingin kita jadikan wisata bertaraf premium. Kita tahu di sini yang ada Komodonya adalah Pulau Rinca dan Pulau Komodo. Di Pulau Komodo kurang lebih ada 1.700 Komodo dan di Pulau Rinca kurang lebih ada 1.040 komodo," kata Jokowi.

Jokowi Minta Dermaga Pelabuhan Umum di Labuan Bajo Terintegrasi Dengan Pelabuhan Marina

Jokowi mengungkapkan, sudah menyampaikan kepada Kepala Balai Taman Nasional Komodo (BTNK), agar betul-betul dihitung daya dukungnya.

Presiden Jokowi di Manggarai Barat
Presiden Jokowi di Manggarai Barat (POS KUPANG/SERVAN MAMMILUANUS)

"Jangan sampai kita los buka, hanya urusan turisme tetapi tidak melihat bahwa ini adalah kawasan konservasi," kata Jokowi.

Halaman
1234
Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved