Intip Yuk, Aktifitas Bongkar Muat Barang di Pelabuhan Wini, Mulai dari 1989-Sekarang

Pelabuhan Wini merupakan salah satu pelabuhan yang berada persis di wilayah pantai utara Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Intip aktivitas disana

Intip Yuk, Aktifitas Bongkar Muat Barang di Pelabuhan Wini, Mulai dari 1989-Sekarang
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
/Ratusan kontainer milik PT Meratus berada di pelabuhan Wini. Gambar diambil, Jumat (5/7/2019). 

Intip Yuk,  Aktifitas Bongkar Muat Barang di Pelabuhan Wini, Mulai dari 1989-Sekarang

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU- Pelabuhan Wini merupakan salah satu pelabuhan yang berada persis di wilayah pantai utara Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Pelabuhan tersebut dibangun sejak 30 tahun yang lalu tepatnya pada 1989.

Setelah dibangun, pelabuhan tersebut sangat sepi. Tidak banyak kapal yang masuk serta melakukan aktifitas bongkar muat barang di sana. Bahkan dalam satu bulan, tidak ada satu kapal pun yang masuk.

Seiring berjalannya waktu, pelabuhan tersebut mulai ramai di kunjungi oleh kapal barang dan kapal-kapal barang tersebut mulai melakukan aktivitas bongkar dan muat barang di pelabuhan itu.

Menurut Koordinator Pelabuhan Wini Yustinus Mala, pelabuhan Wini baru mulai ramai di kunjungi oleh kapal barang sekira sembilan tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 2010.

Pada saat itu, jelas Yustinus kapal barang yang masuk dan melakukan aktifitas bongkar muat barang di pelabuhan itu masih sedikit. Dan sebagai perintisnya adalah kapal barang milik AMS.

"Pelabuhan Wini ini dibangun pada tahun 1989. Namun kontainer yang masuk baru pada tahun 2010, tapi itu pun masih sedikit. Pada saat itu bukan PT Meratus, tapi AMS yang merintis kontainer masuk ke sini," kata Yustinus kepada Pos Kupang saat ditemui di ruang kerjannya, Jumat (5/7/2019).

Awalnya, jelas Yustinus kapal masuk dan melakukan aktifitas bongkar muat kontainer hanya sedikit. Kontainer yang dibongkar hanya sebanyak 10 sampai 20 unit saja, namun meningkat sedikit demi sedikit setiap tahunnya.

Pembangunan Terminal Barang Internasional di NTT Telan Rp 37 M

Tak memerlukan waktu yang lama, PT Meratus juga mulai datang dan melakukan aktifitas bongkar muat kontainer di pelabuhan itu. Awalnya sama, PT Meratus membongkar kurang dari 10 unit kontainer.

Halaman
12
Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved