Mahasiswa FKM Undana Kupang Adakan Minlok di Kelurahan TDM

Sebanyak 22 orang mahasiswa PBL I Kelompok 16 dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undana Kupang melaksanakan Mini Lokakarya (Minlok)

Mahasiswa FKM Undana Kupang Adakan Minlok di Kelurahan TDM
POS KUPANG/LAUS MARKUS GOTI
Mahasiswa FKM Undana Kupang Kelompok 16 saat ikut PBL I di Kelurahan TDM Kecamatan Oebobo Kota Kupang, Sabtu (672019). 

Mahasiswa FKM Undana Kupang Adakan Minlok di Kelurahan TDM

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Laus Markus Goti

POS-KUPANG.COM | KUPANG- Sebanyak 22 orang mahasiswa PBL I Kelompok 16 dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undana Kupang melaksanakan Mini Lokakarya (Minlok)

Kegiatan Minlok diadakan di Kelurahan Tuak Daun Merah (TDM) Kecamatan Oebobo Kota Kupang, Sabtu (6/7/2019).

Para mahasiswa sebelumnya melaksakan Praktek Belajar Lapangan yang pertama (PBL I ) di RT 31, 32, 33 dan 34 / RW 009, Kelurahan TDM.

Koordinator Kelompok 16 PBL I FKM Undana Kupang, Yorid Patola, menjelaskan, mini lokakarya adalah kegiatan yang di buat oleh mahasiswa FKM Undana Kupang untuk memaparkan hasil pengamatan, pengumpulan data serta analisis situasi yang di dapatkan pada wilayah pembagian PBL 1.

Yorid menjelaskan tujuan dari mini lokakarya untuk mendapat arahan serta masukan dari masyarakat agar bersama-sama mencari prioritas masalah kesehatan yang ada pada wilayah tersebut serta solusi dari masalah itu.

SMA Negeri 3 Kota Kupang Juara 1 Lomba Fisika se-NTT

"Dari pembagian wilayah untuk kelompok kami, kami mendapat wilayah RT 31, 32, 33 dan 34 / RW 009, Kelurahan Tuak Daun Merah. Setelah melakukan pengamatan serta pengumpulan data, kami menemukan dua masalah yaitu sampah dan kurangnya aktivitas fisik, namun setelah berdiskusi dengan masyarakat, masyarakat sepakat untuk mengangkat masalah sampah karena masih banyak masyarakat yang kurang akan kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya," ungkap Yorid kepada POS KUPANG.COM.

Yorid menyampaikan solusi yang di pilih yaitu dengan memanfaatkan botol-botol bekas, contohnya memanfatkan botol minuman untuk menjadikannya pot sederhana, bisa di gunakan untuk menanam rempah-rempah di dapur dan juga sayur-sayuran.

Banjir Doa dan Ungkapan Duka untuk Pak Sutopo, mulai Raisa hingga BTP

"Hambatan kami, ketika awal-awal kami datang ke wilayah RW 009 untuk melakukan wawancara berupa kuisioner, ada warga yang tidak ingin menerima kami untuk di wawancarai, namun kami tidak menyerah begitu saja dan kami tetap melalukan pendataan kami di warga-warga lain," ujarnya.

Sementara itu, Ketua RW 009 Kelurahan TDM Ventje Herman, SH menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa FKM Undana yang sudah mau datang ke wilayahnya untuk sama-sama bergotong royong membersihkan lingkungan di RW 009 dan mencari masalah kesehatan yang ada wilayahnya itu untuk kepentingan masyarakat di wilayah tersebut.(*)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved