Penjabat Sekda Manggarai Saksi Pembagian Tanah Ulayat Gendang Nampo

Penjabat Sekda Manggarai, Drs. Anglus Angkat,M.Si bersama Camat Cibal Barat, Karolus Mance dan unsur Forkopincam menyaksikan prosesi Lodok Lingko atau

Penjabat Sekda Manggarai Saksi Pembagian Tanah Ulayat Gendang Nampo
Foto Camat Cibal Barat/Dok
Pembagian-Penjabat Sekda Manggarai dan Camat Cibal Barat menyaksikan pembagian tanah ulayat di Gendang Nampo. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG-COM-RUTENG-Penjabat Sekda Manggarai, Drs. Anglus Angkat,M.Si bersama Camat Cibal Barat, Karolus Mance dan unsur Forkopincam menyaksikan prosesi Lodok Lingko atau pembagian tanah ulayat Gendang Nampo di Desa Golo Woi, Kecamatan Cibal Barat, Kamis (4/7/2019)

Camat Karolus kepada POS-KUPANG.COM melalui rilisnya, Jumat (5/7/2019) pagi menjelaskan, jumlah lingko/tanah ulayat yg dibagi ada 4 lingko dengan luas secara keseluruhan 40 hektar.

"Tua Gendang Nampo, Bene Apon bersama suku Kina Nampo dengan suku terkait di Kampung Golowoi melakukan ritus adat teing hang atau kasih makan arwah/leluhur di Rumah Gendang dan Compang sebelum menuju lokasi.Pada saat prosesi adat mulai dari Mbaru Gendang sampai upacara Tente Teno di hadiri oleh staf Humas dan pertokol serta staf dari Dinas Pariwisata yg di tugaskan oleh Bupati Manggarai untuk mendokumentasi," kata Camat Karolus.

Ia menegaskan, apa yang dilakukan dirasa sangat penting karena Upacara Adat Lodok seperti yang dilakukan Gendang Nampo, Desa Golowoi hampir tidak ditemukan lagi di Manggarai paskah semua lingko sudah dibagi habis dan sudah menjadi milik pribadi.

Ayo Cicipi Naget Pisang Kaesang, Gerai Pertama Dibuka di Pulau Timor

Chris John Siap Terima Tantangan Gubernur NTT di Ring Tinju, Gubernur Viktor Lasikodat Siap Tanding

"Jumlah anggota suku yg menerima bagian tanah tersebut kurang lebih 80-an KK," papar Camat Karolus.

Ia mengungkapkan, apa yang dilakukan pihak pemerintah bertujuan masyarakat bisa hidup sejahtera dan tidak ada lagi pertikaian soal tanah.(ris)

F

Penulis: Aris Ninu
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved