Kabupaten Alor dapat Tiga Unit PLTS Terpusat

Kabupaten Alor mendapat tambahan pasokan energi baru terbarukan berupa pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terpusat.

Kabupaten Alor dapat Tiga Unit PLTS Terpusat
Thomas Duran
iluistrasi PLTS 

Kabupaten Alor dapat Tiga Unit PLTS Terpusat

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG.COM | KUPANGKabupaten Alor mendapat tambahan pasokan energi baru terbarukan berupa pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terpusat.

Tambahan tiga unit PLTS adalah bagian dari Program PLTS Seribu Pulau ini tersebar di tiga lokasi, yakni, Pulau Tereweng, Kecamatan Pantar Timur, Pulau Ternate, Kecamatan Alor Barat Laut dan Desa Tribur, Kecamatan Alor Barat Daya.

Manajer PLN Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Kupang, Joko Martono melalui Tim Komunikasi PLN UIW NTT, Jumat (5/7/2019), menjelaskan, ketiga PLTS tersebut sudah dikontrak untuk pembangunan jaringan tegangan rendah (JTR) dengan masa kerja 90 hari kerja.

Sedangkan pembangkitnya sudah dibangun oleh Unit Pembangkitan Ketenagalistrikan (UPK) Kupang.

Para Dokter dan Perawat di NTT Dapat Pelatihan Training Ealry Warning System dan Code Blue

Joko Martono mengakui pembangunan jaringan berlokasi di pulau-pulau terpencil yang memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi. Kesulitannya pada akses ke pulau yang sangat bergantung kepada kondisi cuaca dan gelombang, serta ketersediaan infrastruktur dermaga dan transportasi laut.

Namun Joko Martono mengharapkan kontraktor dapat menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu.

“Kami mengharapkan pekerjaan tidak ada adendum dan bisa selesai tepat waktu, berhubung masyarakat sudah sangat merindukan mendapat listrik untuk pertama kalinya,” ungkap Joko Martono.

Tarif Listrik Bakal Naik Tahun 2020, PLN Siap Mengikuti Semua Regulasi dan Ketetapan Pemerintah

PLTS Pulau Treweng kapasitas 110 kWp di Kecamatan Pantar Timur, dengan panjang jaringan tegangan rendah (JTR) 1,55 kilometer sirkuit (KMS). Potensi pelanggan sebanyak 163 pelanggan.

PLTS Pulau Ternate, di Kecamatan Alor Barat Laut, kapasitas 280 kWp, memiliki panjang JTR 3,761 KMS. Potensi pelanggan sebanyak 280 pelanggan.

Terakhir PLTS di Desa Tribur, Kecamatan Alor Barat Daya, kapasitas 250 kWp, memiliki jaringan JTR sepanjang 8,499 KMS. Potensi pelanggan sebanyak 300 pelanggan.

PLN NTT Bersiap Menggunakan Kabel Laut

Dalam program PLTS Seribu Pulau, PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur mendapat 11 lokasi PLTS yang tersebar di lima kabupaten, yakni, Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, Alor, Sikka dan Rote Ndao.
Pembangkit terbesar dibangun di Pulau Mesa, Kabupaten Manggarai Barat.

Meski jaringan JTR hanya sepanjang 2,8 KMS, tetapi memiliki potensi pelanggan cukup besar sebanyak 800 pelanggan.(*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved