Wabup Marinus Sebut Ada Sekolah yang Fasilitasnya Masih Terbatas

Wakil Bupati Nagekeo, Marianus Waja, SH menyebutkan di Kabupaten Nagekeo masih banyak sekolah yang fasilitasitasnya masih terbatas.

Wabup Marinus Sebut Ada Sekolah yang Fasilitasnya Masih Terbatas
POS-KUPANG.COM/ GORDI DONOFAN
Wakil Bupati Nagekeo, Marianus Waja, SH 

Wabup Marinus Sebut Ada Sekolah yang Fasilitasnya Masih Terbatas

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | MBAY- Wakil Bupati Nagekeo, Marianus Waja, SH menyebutkan di Kabupaten Nagekeo masih banyak sekolah yang fasilitasitasnya masih terbatas.

Sehingga perlu diperhatikan dan pembenahan secara bertahap. Karena keterbatasan anggaran. Memang butuh waktu dan mesti ada data akurat untuk mengetahui jumlah yang pasti soal sekolah-sekolah yang fasilitasnya masih minim.

"Ada sekolah yang fasilitasnya terbatas. Meja, kursi, toilet, rumah guru juga asrama masih terbatas," ungkap Marianus, kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (4/7/2019).

Wabup Marianus menjelaskan pemerintah memastikan bahwa semua Sekolah Dasar (SD) dan SMP yang ada di Nagekeo harus komit dengan Standar Pelayanan Minimum (SPM).

Sekolah harus mengikuti SPM seperti jumlah rombongan belajar, gedung yang cukup, guru-guru yang profesional, perpustakaan. Itu minimal harus dipenuhi oleh pemerintah atau sekolah. Jadi tidak ada alasan untuk tidak menerapkan SPM.

MIS Al-Ikhtiar Mburak Kecamatan Komodo Butuh Perhatian Pemerintah

TPP ASN Sikka Rp 38 Miliar Tunggu Rekomendasi Mendagri

Ia menjelaskan meskpun keterbatasan anggaran, Pemerintah Nagekeo akan tetap berupaya untuk meningkatkan anggaran khusus dibidang pendidikan seperti pembangunan gedung dan sarana prasarana sekolah baik SD maupun SMP.

"Untuk pagar sekolah, rumah guru belum kita alokasikan. Kerena dana kita masih sangat terbatas," ungkapnya.

Ia menegaskan bahwa anggaran untuk Dinas Pendidikan dan Kebudayan 20% dari APBD. Kedepan Pemda Nagekeo harus komit pada aturan.

Sehingga bisa mencapai tujuan kita khusus dibidang pendidikan seperti pembenahan gedung serta fasilitas pendukung di SD dan SMP.(*)

Penulis: Gerardus Manyela
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved