Ada Tiga Puluh Delapan Desa di Sumba Timur Belum Selesai Lengkapi Syarat Untuk Pencairan Dana

padahal batas normal pencairan dana desa tahap 1 sampai dengan bulan Juni 2019 lalu.

Ada Tiga Puluh Delapan Desa di Sumba Timur Belum Selesai Lengkapi Syarat Untuk Pencairan Dana
POS KUPANG/ROBERT ROPO
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sumba Timur Yacobus Yiwa, SH didampingi Kabid Pemdes/Kel Dinas PMD sumba Timur Margaritha B. Djonga. 

 Ada Tiga Puluh Delapan Desa di Sumba Timur Belum Selesai Lengkapi Syarat Untuk Pencairan Dana

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU--Sebanyak 32 Desa dari 140 Desa di Sumba Timur belum melengkapi persyaratan untuk pencairan dana desa tahap 1, padahal batas normal pencairan dana desa tahap 1 sampai dengan bulan Juni 2019 lalu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sumba Timur Yacobus Yiwa, SH ketika dikonfirmasi POS-KUPANG.COM, Rabu (3/7/2019) menjelaskan, sampai dengan saat ini sesuai dengan catatanya sekitar 102 desa dari 140 desa di Kabupaten Sumba Timur yang telah meminta rekomendasi di pihaknya.

Rekomendasi untuk mendapatkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) di bagian Keuangan Setda Sumba Timur untuk selanjutnya melakukan pencairan dana desa tahap pertama di Bank.

Yocobus didampingi Kabid Pemdes/Kel Dinas PMD sumba Timur Margaritha B. Djonga mengatakan, sedangkan, sejumlah desa lain sementara ini melakukan proses untuk pencairan dana desa itu. Mereka harus kembali ke Kecamatan guna meminta untuk rekomendasi dari camat.

Dinas Pertanian dan Pangan Sumba Timur Tanam 11.000 Anakan Pohon Pinang

Ternyata 4 Makanan Ini Bisa Membuat Perutmu Kembung

Penumpang ini Bayar Ojek Online dengan Beras 1 Kg, Begini Respon Pengendara

Menurutnya, keterlambatan pencairan dana desa tahap 1 itu, karena pada tahun ini ada Pileg dan Pilres, sehingga aparat desa sibuk hingga selesai pleno di Kecamatan. Selain itu, terkendala sumber daya manusia juga kurang mendukung.

"Sudah 102 Desa dari 140 Desa di Sumba Timur yang telah meminta rekomendasi untuk pencairan dana desa tahap 1. Batas normal pencairan dana desa tahap 1 pada bulan Juni, sedangkan tahap 2 batas pada bulan Agustus, dan tahap 3 batas pada bulan November 2019. Tapi kita agak terlambat, karena mereka di Desa sibuk dengan Pileg dan Pilpres 2019. Jadi setelah pleno Kecamatan baru mereka mulai efektif mulai proses di Kecamatan,"ungkap Yacobus.

Yacobus juga menjelaskan syarat untuk bisa pencairan dana desa yakni APBdes, Rekomendasi Camat. Selain itu juga di Kecamatan juga biasanya diminta SPJ pengunaan dana desa pada tahun sebelumnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)

 

Penulis: Robert Ropo
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved