Penjual Pinang di Sumba Timur Mengaku Sepekan 2 Ton Pinang Laku Terjual

Sejumlah penjual sirih pinang di Sumba Timur mengaku pinang jualan mereka laris manis diburuh para pembeli atau penikmat sirih pinang. Sepekan bisa 1

Penjual Pinang di Sumba Timur Mengaku Sepekan 2 Ton Pinang Laku Terjual
POS-KUPANG. COM/ROBERT ROPO
Penjual sirih pinang di pasar Matawai sedang melayani pembeli sirih pinang. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU--Sejumlah penjual sirih pinang di Sumba Timur mengaku pinang jualan mereka laris manis diburuh para pembeli atau penikmat sirih pinang. Sepekan bisa 1 hingga 2 ton pinang jualan mereka laku terjual.

Pedagang Sirih pinang Jeni Jeslin (35) ketika ditemui POS-KUPANG. COM di tempat jualanya di pasar Inpres Matawai, Kelurahan Matawai, Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Selasa (2/7/2019) siang, mengaku pinang dan sirih laris manis diburuh pembeli, satu minggu bisa habis terjual khusus pinang bisa mencapai 1 sampai 2 ton.

Persib Bandung Kena Sanksi Denda Akibat Ulah Suporter saat Kalah Lawan Bhayangkara FC

"Satu minggu bisa terjual 1 sampai 2 ton pinang habis laku terjual. Hal ini karena tradisi orang Sumba Timur selalu makan sirih pinang, apalagi disaat pesta-pesta adat atau pesta nikah dan lainya. Biar sudah makan kue tapi mesti makan sirih pinang itu selalu ada,"ungkap Jeslin.

Ia juga mengaku omzet yang diperolehnya perhari dari menjual sirih pinang bisa mencapai 2 sampai 3 juta. Namun harga ini masih hitungan kotor, belum hitungan bersih.

Jeslin juga mengaku, ia mengaku khusus pinang ia mendatangkan dari Surabaya, Padang, Flores, dan Kupang. Jika pinang diambil dari luar maka dibeli dengan harga perkilogram, namun dikirim dalam jumlah ton. Dengan harga perkilogram Rp 60.000, harga ini sampai di tempat. Sedangkan harga yang dijualnya Rp 65.000 sampai Rp 70.000/Kg sesuai harga tawar menawar.

Jeslin juga mengaku, jika ada musim pinang maka diambil dari wilayah Sumba Timur seperti Melolo dan sejumlah tempat lainya. Dengan harga yang diambil Rp 40.000 sampai Rp 45.000, bahakan kualitas pinang lokal bagus maka bisa diambil dengan harga mencapai Rp 80.000/Kg.

Pelatih Maung Bandung Robert Alberts Segera Depak Pemain Persib, Ini Daftar Nama Pemainnya ?

Sementara harga pinang lokal dijual dengan harga Rp 50.000 sampai dengan Rp 60.000 tergantung harga tawar menawar. Sedangkan pinang kualitas yang merupakan pinang lokal dijual dengan harga hingga bisa mencapai Rp 100.000/Kg.

"Harga pinang ini juga dijual dengan harga tawar menawar di pasar. Kalau harga pinang biasa bisa 50 ribu sampai 60 ribu. Begitu juga harga pinang bagus khususnya pinang lokal memang harga tawar 100 ribu rupiah, tapi bisa berkurang 90 ribu sampai 95 ribu,"tandasnya.

Pedagang sirih pinang lainya Mariana Bili (36) juga kepada POS-KUPANG. COM menyampaikan hal yang sama.

Mariana mengaku, selama sepekan pinang jualanya habis terjual bisa mencapai 1 sampai 2 ton. Sedangkan omzet yang diperolehnya bisa mencapai 2 sampai 3 juta perhari.

Intip YUK Bocoran Jokowi soal Menteri di Kabinetnya, Bicara Soal Umur hingga Koalisi Indonesia Kerja

"Pinang yang saya jual itu biasa saya ambil dari luar seperti dari Surabaya, Flores, Padang, dan Kupang. Kalau harga sampai di tempat jika pinang yang saya ambil dari luar maka dengan harga 60 ribu rupiah/Kg. Tapi kalau saat ini pinang lokal Sumba Timur sementara musim jadi pinang dari luar saya tawar 30-45 ribu/Kg,"tutur Mariana.

Mariana juga mengaku, sedangkan untuk harga pinang lokal harga sampai di tempat untuk pinang kurang berkualitas dibelinya dengan harga 40 sampai 45 ribu/Kg. Sedangkan pinang bagus harga yang dibelinya mencapai 80 ribu/Kg dengan harga jual 90-95 ribu/Kg tergantung harga tawar menawar. (*)

 
 

Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved