Satwa Endemik, Kura-kura Leher Ular Punah di Pulau Rote, Ini Penyebabnya

Satwa Endemik, Kura-kura Leher Ular Punah di Pulau Rote, Ini Penyebabnya

Satwa Endemik, Kura-kura Leher Ular Punah di Pulau Rote, Ini Penyebabnya
KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBEL
Kura-kura Leher Ular (Chelodina mccordi) ditunjukkan saat rilis terkait kasus penyelundupan satwa di Gedung Balai Instalasi Karantina Hewan dan Tumbuhan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (14/9/2017). 

Satwa Endemik, Kura-kura Leher Ular Punah di Pulau Rote, Ini Penyebabnya

POS-KUPANG.COM - Jenis satwa endemik, kura-kura Leher Ular Rote (Chelodina Mccordi), asli Pulau Rote, Kabupaten Rote Ndao dinyatakan telah punah.

Berdasar data dari Turtle Coalition tahun 2018, kura-kura jenis ini masuk dalam 25 spesies kura-kura paling terancam punah di dunia. Saat ini, di habitat alaminya di Danau Peto, wasitwa ini tidak ditemukan lagi keberadaannya.

Ini Obrolan Jokowi Saat Jenguk Risma di Rumah Sakit

Salah satu penyebab punahnya satwa ini adalah eksploitasi berlebihan dan adanya alih fungsi lahan menjadi kawasan pertanian. Saat ini Balai Besar KSDA NTT bekerja sama dengan WCS IP harus mendatangkan kembali (repatriasi) satwa khas Rote ini dari Kebun Binatang di Luar Negeri.

Baca fakta lengkapnya berikut ini:

1. Mengenal spesies endemik Pulau Rote Pantai Nemberala di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

Menurut Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Timbul Batubara, satwa kura-kura leher ular masuk dalam Apendiks II sejak 2005 dan penetapan perdagangan nol kuota untuk specimen dari alam sejak tahun 2013.

Risma Sampaikan Pesan Melalui Secarik Kertas ke Warga Surabaya, Ini Isinya

Di habitat alaminya di Danau Peto, saat ini tidak ditemukan lagi keberadaan satwa tersebut. "Kabupaten Rote Ndao memiliki jenis reptilia unik yang tidak terdapat di tempat lain di dunia. Reptilia ini adalah Kura-kura Leher Ular Rote atau Chelodina mccordi. Reptilia ini termasuk ordo testudines dari famili chelidae dan genus chelodina," kata Batubara.

2. BBKSDA: Warga Rote sendiri mungkin sudah lupa akan hewan ini

Menurut Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Timbul Batubara, masyarakat Rote Ndao bahkan telah lupa dengan keberadaan kura-kura ini.

Halaman
123
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved