Warga Silawan-Belu Mulai Kekurangan Air Bersih

Memasuki musim kemarau, masyarakat Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu mulai mengalami kekurangan air bersih.

Warga Silawan-Belu Mulai Kekurangan Air Bersih
POS KUPANG/EDY BAU
Kepala Desa Silawan, Ferdi Mones saat menerima bantuan benih jagung dari Menteri Perrtanian di di Desa Kenebini, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Selasa (14/3/2017). 

Warga Silawan-Belu Mulai Kekurangan Air Bersih

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS KUPANG.COM| ATAMBUA- Memasuki musim kemarau, masyarakat Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu mulai mengalami kekurangan air minum. Kondisi seperti ini hampir terjadi setiap tahun ketika memasuki musim kemarau.

Ketika air minum dengan jaringan perpipaan macet, warga terpaksa menggambil air di sumber mata air yang jaraknya jauh dari permukiman penduduk.

Hal ini diakui Kepala Desa Silawan, Ferdinandus Bili Mones saat dikonfirmasi Pos Kupang.Com, Jumat (28/6/2019).

BPBD Belu Siapkan Rp 125 Juta Untuk Beli Air Bersih Untuk Masyarakat

Menurut Ferdinandus, di Desa Silawan ada lima dusun yang masih mengalami kesulitan air minum saat musim kemarau. Faktor utama adalah keterbatasan sumber air baku dan debit air di sumur bor berkurang saat musim kemarau. Meski masalah tersebut terjadi akibat perubahan iklim namun sebagai pemerintah desa harus bisa mencari solusi untuk melayani masyarakat.

Langka kongkret yang diambil pemerintah desa adalah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum untuk membantu memperbaiki sumur bor serta meningkatkan jaringan perpipaan. Dan Dinas PUPR siap membantu.

Persoalan Air Bersih di Matim Sedang Dibahas di Rapat Paripurna DPRD

Selain memperbaiki sumur bor, pemerintah desa juga mengusulkan kepada pemerintah kabupaten agar bisa mendistribusikan air minum bersih kepada masyarakat menggunakan mobil tangki saat musim kemarau.

Kata Ferdinandus, di Desa Silawan memiliki bak penampung air minum di setiap dusun sehingga tidak ada kendala saat mobil tangki dari pemerintah mendistribusikan air minum. (*).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved