Pacitan Dilanda KLB Hepatitis A, 700-an Warga Terjangkit

Kabupaten Pacitan Saat Ini Dilanda KLB Hepatitis A, Sebanyak 700-an Warga Terjangkit

Pacitan Dilanda KLB Hepatitis A, 700-an Warga Terjangkit
KOMPAS.com/Shutterstock
Ilustrasi 

Kabupaten Pacitan Saat Ini Dilanda KLB Hepatitis A, Sebanyak 700-an Warga Terjangkit

POS-KUPANG.COM | PACITAN - Pemerintah Kabupaten Pacitan menetapkan kejadian luar biasa ( KLB) menyusul temuan 700-an warganya terjangkit penyakit hepatitis A selama tiga pekan terakhir.

Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo yang dihubungi Kompas.com, Kamis ( 27 / 6 / 2019) sore membenarkan warganya yang menderita penyakit hepatitis A mencapai 700-an orang.

GREDU Bersama Global Wakaf - ACT Dalam Digitalisasi Pendidikan

"Laporan terakhir jumlahnya 700-an orang lebih. Ada yang masih anak-anak. Kasus terbanyak di Sudimoro," kata Yudi.

Yudi mengatakan jumlah penderitanya makin bertambah lantaran wabah hepatitis A mudah menular. Ia mencontohkan, warga yang sehat bisa tertular virus itu bila tidur satu kamar dengan penderita hepatitis A.

SMAN 1 Kupang Timur Masih Lowong 28 Kursi dari Sonasi PPDB

Penyebaran wabah hepatitis A di Pacitan sudah merambah di beberapa kecamatan sejak awal bulan Juni 2019.

Untuk itu, tim Pemkab Pacitan melakukan pencarian dan penyisiran warga yang terkena virus penyakit mematikan itu sehingga cepat tertangani.

"Kebanyakan ditemukan wilayah timur. Kalau di wilayah barat masih aman. Untuk tahun ini jumlah banyak. Tahun sebelumnya tidak sebanyak ini" kata Yudi.

Yudi mengatakan, susahnya warga mengakses air bersih juga menjadi salah satu penyebab mudahnya penularan virus hepatitis A.
Pasalnya, keterbatasan air bersih menjadikan banyak orang yang memanfaatkan sehingga bisa menjadi masalah kesehatan. Kondisi itu diperparah dengan cuaca dingin yang ekstrim sehingga memudahkan virus menular dari penderita ke warga lainnya.

Selain itu virus juga bisa menular lewat peralatan makan dan minum. Terhadap KLB itu, Yudi mengatakan Pemkab Pacitan melakukan penanganan serius terhadap kejadian luar biasa kasus hepatitis A di wilayahnya.

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved