Anda Belum Miliki Rumah? Pemerintah Tawarkan Cara Mudah Dapatkan Rumah Subsidi

Kini Pemerintah tengah gencar menerapkan program yang baru saja berjalan belum lama ini terkait perumahan.

Anda Belum Miliki Rumah? Pemerintah Tawarkan Cara Mudah Dapatkan Rumah Subsidi
(ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah )
Pekerja beraktivitas di proyek pembangunan perumahan bersubsidi di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu (26/1/2019). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan rumah tahun 2019 ini mencapai angka 1,25 juta unit. Jumlah itu meningkat dari capaian program Satu Juta Rumah pada tahun 2018 yang mencapai 1.132.621 unit. 

Anda Belum Miliki Rumah? Pemerintah Tawarkan Cara Mudah Dapatkan Rumah Subsidi

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG.COM | KUPANG- Kini Pemerintah tengah gencar menerapkan program yang baru saja berjalan belum lama ini terkait perumahan.

Program pendamping Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), yaitu Bantuan Pembiayaan Perumahana Berbasis Tabungan (BP2BT).

BP2BT untuk di NTT baru saja diterapkan di bulan ini dan sangat membantu para pedagang kaki lima, misalnya tukang bakso, nasi goreng dan lainnya.

Menteri PUPR: Harga Rumah Subsidi Akan Naik, Ini Kisarannya

Ketua DPD REI NTT, Bobby Pitoby, ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (27/6/2019), menjelaskan, BP2BT seperti FLPP tetapi agak berbeda.

Bila FLPP masyarakat bisa mendapatkan subsidi, uang muka dan cicilan ringan, karena bunga subsidi lima persen dan dapat bantuan Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM) senilai Rp 4 juta.

Sedangkan pada program ini masyarakat tidak mendapatkan SBUM dan bunga subsidi. Tetapi masyarakat dibantu oleh pemerintah berupa uang tunai di depan dengan nominal mulai Rp 22 juta hingga Rp 30 juta.

Ia mengambil contoh, misalnya seorang konsumen yang akan membeli rumah mendapatkan bantuan Rp 30 juta dari harga rumah saat ini Rp 158 juta.

Simak Harga Baru Rumah Subsidi Tahun 2019 dan 2020

Sisanya konsumen akan menyicil di bank yang menjalankan program tersebur dengan menggunakan bunga bank yang dari bank itu sendiri mulai 11,5 hingga 13 persen.

Halaman
12
Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved