Hidup Teruslah Belajar karena Hidup Ini Dinamis

Belajar, belajar dan teruslah belajar. Selama manusia hidup, dia akan terus belajar. Dan, jangan malu untuk bertanya jika tidak tahu karena hanya Tuha

Hidup Teruslah Belajar karena Hidup Ini Dinamis
Pos Kupang.com/Ferry Ndoen
Syamsumarlin, ST, PPK Supan II, Satker NTV PJSA NT II Provinsi NTT, BWS NT II 

POS KUPANG.COM -Belajar, belajar dan teruslah belajar. Selama manusia hidup, dia akan terus belajar. Dan, jangan malu untuk bertanya jika tidak tahu karena hanya Tuhan sajalah yang maha tahu. Karena itu, ada pepatah yang mengatakan, malu bertanya maka akan sesat di jalan.

Kata ini meluncur dari mulut lembut, pri muda murah senyum, Syamsumarlin, ST, salah satu Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada kegiatan APBN proyek Sungai Pantai wilayah Flores, Satker PJSA NT II Provinsi NTT.

Dalam sebuah percakapan dengan wartawan Pos Kupang.com di ruang kerjanya, Rabu (26/6/2019), PPK termuda kelahiran Benteng Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) tanggal 8 Mei 1987, dia secara transparan mengungkapan siapa dirinya serta kepribadiannya.

"Saya CPNS tahun 2010 setelah lulus tes CPNs lingkup Kementerian PU dan menjadi PNS tahun 2011, saya ditempakan di Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II (BWS NT II) Kupang. Awalnya sempat stress juga karena penempatan langsung ke NTT. Namun berkat doa serta dorongan kedua orangtua, maka saya berangkat ke Kupang. Dan ternyata, karakter serta masyarakat Kupang dan kita warga Sulsel punya kemiripan sehingga saya menjadi enjoy," papar pria satu anak dari pasangannya Chairayni Haidir, ST sebagai istri.

Ayah dari M. Bilal. K Putra Syam ini secara gamblang berbicara mengenai tugas dan kepercayaan yang diberikan pimpin BWS NT II, Ir. Agus Sosiawan, ME untuk menjadi PPK.

"Saya merasa masih sangat muda karena diusia 31 tahun dipercayakan pimpinan menjadi PPK. Namun jabatan adalah kepercayaan dan sebuah amanah yang harus dibuktikan dan dimanisfestasi melalui hasil karya pekerjaan di lapangan. Pokoknya, saya sangat jlimet terkait pekerjaan. Semua harus dikerjakan sesuai dengan apa yang sudah tertera dalam kontrak pekerjaan," papar pria berkacamata ini.

Namun Syam mengaku dirinya tidak berjalan sendiri karena selalu berkonsultasi dengan Kepala Satuan Kerja (Satker) SNVT PJSA Nusa Tenggara II, BWS NT II, Alfred Lukas, ATP, Msi selaku atasan langsungnya.

Kabupaten Malaka Siap Selenggarakan El Tari Memorial Cup 2019

"Juga dukungan teman-teman kerja lingkup PPK Sungai Pantai (Supan) II yang sangat bersemangat serta memiliki komitmen lapangan yang sangat tinggi sehingga irama kerja ini menjadi protap. Dan kita selalu dan sama-sama saling mengingatkan dan saya pun selalu bertanya kepada teman-teman saat di lapangan jika saya tidak tahu. Karena kita semua ini selalu dan selalu dalam proses pembelajaran," paparnya gamblang.

Syamsumarlin mengawali karier sebagai staf PPK Perencanaan dan Program BWS NT II tahun 2011. Lalu tahun 2013 melanjutkan pendidikan S1 kuliah di Undip-Semarang, dan tahun 2015 ia menyandang gelar Sarjana Tehknik mengambil keahlian bidang sungai pantai.

Dan tahun 2015, Syam balik ke BWS NT II menjadi staf di Seksi Perencanaan dan Program lalu ke seksi OP di unit Hidrologi dan Kualitas Air. Lalu tahun 2018 dan 2019, dipercayakan sebagai PPK Sungai Pantai II.

Dia pun banyak bercerita tentang masa kecilnya di Pulau Selayar-Sulsel yang mana saat SD ernah berjualan kue dan berjualan es. Dans sejak SMP ditinggal kedua orangtua karena bertugas sebagai guru di pulau.

Pemda NTT Sudah Terbitkan Pergub Tentang Sophia

Bahkan, Syam juga memiliki pengalaman pernah bekerjan di perusahaan konsultan dan perusahaan kontraktor. Semua ini tentu menjadi bagian dari kurikulumvitae yang akan melengkapi perjalannya menggapai asa ke depannya. (fen)

Syamsumarlin, ST, PPK Supan II, Satker NTV PJSA NT II Provinsi NTT, BWS NT II
Syamsumarlin, ST, PPK Supan II, Satker NTV PJSA NT II Provinsi NTT, BWS NT II (Pos Kupang.com/Ferry Ndoen)
Penulis: Ferry Ndoen
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved