Bupati Tahun Ingin Lihat Kesungguhan PT Tamaris Dalam Kelolah Tambak Garam

Niat PT Tamaris yang ingin melakukan kerjasama dengan Pemda TTS dalam pengelolaan tambak garam di wilayah selatan TTS disambut tangan terbuka.

Bupati Tahun Ingin Lihat Kesungguhan PT Tamaris Dalam Kelolah Tambak Garam
Pos Kupang.com/Dion Kota
Bupati TTS Egusem Piether Tahun 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Dion Kota

POSKUPANG.COM, SOE - Niat PT Tamaris yang ingin melakukan kerjasama dengan Pemda TTS dalam pengelolaan tambak garam di wilayah selatan TTS disambut tangan terbuka.

Sebagai tahap awal untuk melihat kesungguhan PT Tamaris, Bupati TTS memberikan ujian bagi PT Tamaris untuk melakukan pengelolaan lahan seluas 7,5 Ha di Desa Toineke, Kecamatan Kualin yang saat ini masih dikelolah sendiri oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten TTS.

Dari luas 7,5 Ha, yang baru dikelolah seluas 0,5 Ha. Oleh sebab itu, jika PT Tamaris serius dalam pengelolaan tambak garam di TTS, Bupati Tahun memintah agar secepatnya lahan 7,5 Ha tersebut dikelola sebagai tambak garam oleh PT Tamaris.

 Tangis Haru Sambut Putusan Bebas Terdakwa Kasus Penggelembungan Suara Pemilu

" Saya sudah sampai kepada pimpinan PT Tamaris kalau memang serius segera kelolah 7,5 Ha agar secepatnya bisa menghasilkan garam. Hal ini guna membuktikan kepada masyarakat di wilayah selatan dan Pemda TTS jika memang PT Tamaris serius dalam pengelolaan tambak garam.

Pemda NTT Sudah Terbitkan Pergub Tentang Sophia

Kalau soal bagi hasilnya seperti apa kita bicarakan setelah ada produksi garam. Kalau belum ada produksi, kita kerja dulu," ungkap Bupati Tahun saat menghubungi pos kupang.com, Rabu ( 26/6/2019 ) pagi melalui sambungan telepon selulerenya.

Jika memang PT Tamaris serius lanjut Bupati Tahun, ada potensj lahan seluas 2000 Ha di Desa Toineke dan Tuafanu, Kecamatan Kualin yang bisa dikelolah sebagai tambak garam. Dirinya mengaku, sudah membicarakan hal tersebut dengan tokoh masyarakat setempat terkait pengelolaan tambak garam di dua desa tersebut dan mendapatkan sambutan yang baik.

Jelang Semifinal Piala Indonesia, Ini 5 Pemain Persija Jakarta ALami Cedera vs Borneo FC

" Ada potensi lahan tambak garam seluas 2000 ha yang masih tidur di Desa Toineke dan Tuafanu. Jika PT Tamaris sudah membuktikan keseriusannya kita siap kerjasama untuk lahan yang lebih luas lagi," ujar Bupati Tahun.

Untuk diketahui, pengelolaan tambak garam di Kabupaten TTS masih dikelolah oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten TTS. Lokasi tambak garam sendiri berada di Desa Toineke, Kecamatan Kualin.

Ezechiel NDouassel jadi Man of The Match Persib Bandung, Segini Reaksi Robert Alberts

Dari luas 7,5 Ha area tambak garam, Disperindagkop baru memgelolah 0,5 Ha atau 200 meter persegi. Hal ini tak lepas dari minimnya anggaran yang dialokasikan guna pengelolaan lahan tambak garam tersebut. (*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved