Bukan Hanya Belalang Kumbara, NTT Perlu Waspada Hama Nomor 1 Dunia

Bukan Hanya Belalang Kumbara, NTT Perlu Waspada Hama Nomor 1 Dunia,Nilaparvata lugens atau wereng coklat.

Bukan Hanya Belalang Kumbara, NTT Perlu Waspada Hama Nomor 1 Dunia
POS-KUPANG.COM/ LAUS MARKUS GOTI
Dr. Jesayas Londingkene, peneliti hama tanaman dari Fakultas Pertanian (Faperta) Undana Kupang, di Kantor Faperta Undana, Rabu (2662019). 

Bukan Hanya Belalang Kumbara, NTT Perlu Waspada Hama Nomor 1 Dunia

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Belalang Kumbara menjadi musuh besar petani di Wilayah Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Saat ini hama pertanian yang dikenal ganas itu mulai menyebar di Padang Tandeling, Sumba Timur. (Baca POS-KUPANG.COM, 'Belalang Kumbara Menyebar di Padang Tandeling, Sumba Timur').

Tidak hanya Belalang Kumbara, Dr. Jesayas Londingkene, Peneliti hama tanaman dari Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang menyebut Pemerintah Provinsi NTT, harus waspada terhadap hama nomor satu di dunia, yaitu Nilaparvata lugens atau wereng coklat.

Belalang Kumbara, Jenis Hama Paling Ganas

Petani Sumba Timur Minta Pemda Sumba Timur Segera Berantas Belalang Kumbara di Tandening

Hal itu disampaikan Jesayas saat diwawancarai POS-KUPANG.COM, di Kantor Faperta, Rabu (26/6/2019).

"Hama ini merupakan hama nomor satu di dunia, menyerang padi. Saya sebenarnya ingin menulis soal hama ini. Informasi yang saya peroleh, Di NTT sudah ada terindikasi ada hama Wereng Coklat, misalnya di Bena, TTS dan Malaka," ungkapnya.

Ia mengatakan, informasi ia peroleh dari hasil penelitian mahasiswanya. "Saya kira kita perlu melakukan penelitian terhadap hama ini. Yah dalam hal ini Dinas Pertanian. Mereka punya satu UPTD namanya Proteksi Tanaman, jadi mereka perlu mengkaji hama itu," ungkapnya.(*)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved