Belalang Kumbara, Jenis Hama Paling Ganas

Locusta Migratoria atau Belalang Kumbara merupakan jenis hama yang terkenal paling ganas pada dunia pertanian.

Belalang Kumbara, Jenis Hama Paling Ganas
POS-KUPANG.COM/ LAUS MARKUS GOTI
Dr. Jesayas Londingkene, peneliti hama tanaman dari Fakultas Pertanian (Faperta) Undana Kupang, di Kantor Faperta Undana, Rabu (2662019). 

Belalang Kumbara, Jenis Hama Paling Ganas 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Locusta Migratoria atau Belalang Kumbara merupakan jenis hama yang terkenal paling ganas pada dunia pertanian.

Wilayah Kabupaten Sumba Timur, NTT, menjadi sasaran empuk Belalang Kumbara. Hampir setiap tahun Belalang ini menyerang Sumba Timur, sehingga membuat petani resah.

Dr. Jesayas Londingkene, peneliti hama tanaman dari Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang menyebut, Balalang Kumbara memiliki karakter yang berbeda dari hama lain.

DPRD Sumba Timur Desak Dinas Pertanian Segera Turun Berantas Hama Belalang

Hal itu dikatakan Jesayas kepada POS-KUPANG.COM, Rabu (26/6/2019) di Kantor Faperta, menanggapi, informasi bahwa saat ini Belalang Kumbara mulai menyebar di Padang Tandeling, Sumba Timur. (Baca POS-KUPANG.COM.http://kupang.tribunnews.com/2019/06/26/belalang-kumbara-menyebar-di-padang-tandening-sumba-timur)

Berbeda dari serangga lain, Belalang Kumbara menyerang semua jenis tanaman pertanian dan bahkan rumput. "Jadi tidak heran kalau saat ini mulai menyebar di padang," ujarnya.

Ia menjelaskan keunikan lain pada Belalang Kumbara, yaitu memiliki tiga tahap kehidupan. Pertama, soliter. Pada tahap ini Belalang Kumbara hidup sendiri-sendiri. "Ini belum memberi dampak buruk pada pertanian," ungkapnya.

Pemerintah Perlu Lakukan Studi Lingkungan soal Belalang

Kedua, tahap transisi, dimana Belalang Kumbara mulai menyatu. Dan masuk tahap ketiga, gregarius, di mana mereka sudah membentuk kelompok besar. "Pada massa inilah mereka mulai terbang massal mencari makanan," ungkapnya.

Ditanya, mengapa Sumba Timur sering menjadi sasaran Belalang Kumbara, Jesayas menjelaskan, secara umum ikim di NTT dan Sumba Timur khusunya, sangat mendukung kembang biak Belalang Kumbara. "Di mana ada panas dan sedikit hujan. Seperti sekarang ini. Tahun-tahun sebelumnya, bulan Mei, Juni Belalang Kumbara mulai menyerang," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved