Bupati Sumba Barat Minta Camat Siapkan Lahan Ilalang, Ini Tujuannya

Pejabat Bupati Sumba Barat minta camat siapkan lahan ilalang, ini tujuannya

Bupati Sumba Barat Minta Camat Siapkan Lahan Ilalang, Ini Tujuannya
POS-KUPANG.COM/Petrus Piter
Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole saat menerima kunjungan pimpinan Pos Kupang di rumah jabatan Bupati Sumba Barat, Senin (25/6/2019) malam 

Pejabat Bupati Sumba Barat minta camat siapkan lahan ilalang, ini tujuannya

POS-KUPANG.COM | WAIKABUBAK - Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole mengatakan, salah satu kendala membangun rumah adat Sumba adalah kelangkaan ilalang sebagai bahan atap rumah adat Sumba.

Hal itu karena lahan tumbuh kembangnya rumput ilalang telah berubah fungsi menjadi lahan pertanian dan perkebunan juga menjadi lokasi pengembalaan ternak masyarakat. Akibatnya rumput ilalang musnah.

Ombudsman RI Perwakilan NTT Monitor PPDB 2019 di Dua Kabupaten, Ini Hasilnya

Untuk itu, sebagai bupati Sumba Barat, telah meminta para camat menyediakan lahan rumput ilalang demi memudahkan pembangunan rumah adat Sumba.

Bupati Kabupaten Sumba Barat, Drs.Agustinus Niga Dapawole menyampaikan hal itu ketika menerima pimpinan pos kupang di rumah jabatan bupati Sumba Barat, Senin (24/6/2019) malam.

PT GIN di Bipolo Sudah Beroperasi, Ini Jumlah Garam yang Sudah Diproduksi

Bupati Sumba Barat Agustinus Niga Dapawole menjelaskan dengan tersedianya lahan rumput ilalang maka setiap warga yang membutuhkan boleh mengambil dengan lebih dahulu melapor ke pemerintah kecamatan. Tanpa kebijakan seperti itu maka lambat laut tidak ada lagi rumah sumba asli. Misalnya saat ini banyak rumah warga di perkampungan adat beratapkan seng. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved