Awasi Bidang Kesehatan, BPOM MoU dengan Unkriswina Sumba

Awasi Bidang Kesehatan, Obat dan Makanan ( BPOM ) MoU dengan Unkriswina Sumba

Awasi Bidang Kesehatan, BPOM MoU dengan Unkriswina Sumba
POS-KUPANG.COM/Robert Ropo
Kepala Badan POM RI Dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP (depan berdiri jilbab) foto bersama Wabup Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali,ST.,MT, dan Rektor Unkriswina Sumba Pdt. Norlina Rambu Jola Kalunga, S.Si (Teol).,M.Si, serta para dosen dan mahasiswa. 

Awasi Bidang Kesehatan, Obat dan Makanan ( BPOM ) MoU dengan Unkriswina Sumba

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Untuk membangun sinergi dan kerja sama dengan semua pemangku kepentingan dalam bidang Kesehatan terkait pengawasan obat dan makanan, pihak Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI melakukan memorandum of understanding (MoU) atau perjanjian kerja sama dengan pihak Unkriswina Sumba.

Kegiatan itu diangkat dengan Tema 'Kampanye Memilih Kosmetik Bagi Generasi Milenia' bersama Kepala Badan POM RI Dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP.

Ratusan Siswa Baru SMPN 10 Kupang Siap Ikut MOS

Kegiatan itu berlangsung di Aula Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi, Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Selasa (25/6/2019).

Adapun hadir dalam kegiatan itu, Kepala Badan POM RI Dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP bersama sejumlah staf, Rektor Unkriswina Sumba Pdt. Norlina Rambu Jola Kalunga, S.Si (Teol).,M.Si, serta para dosen dan mahasiswa, wakil bupati Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali, ST.,MT bersama sejumlah asisten Sekda, beserta sejumlah pimpinan OPD, dan undangan lainya.

Dugaan Persekongkolan Tak Digubris, IGD RSUD Maumere Senilai Rp 41 Miliar Tetap Dibangun

Kepala Badan POM RI Dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP usai kegiatan itu kepada wartawan menjelaskan, pihaknya melakukan MoU dengan Unkriswina Sumba, merupakan salah satu komitmen BPOM untuk ikut membangun SDM yang ada di Pulau Sumba.

"Saya melihat potensi Sumber daya manusianya juga sangat baik disini, buktinya pada acara itu sebagai bentuk penghargaan kepada saya kita semua semangat menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Ini akan kita lakukan kerja sama dengan Pemda Sumba Timur dan juga Unkriswina Sumba,"ungkap Penny.

Lanjutnya tema 'kompanye memilih kosmetik' itu juga sebagai salah satu aspek BPOM untuk pengawasan produk obat, obat tradisional, kosmetik, produk pangan, dan lain sebagainya.

"Kali ini tema kita tentang Kosmetik, karena ini tantangan sangat besar, apalagi Sumba ini adalah sebuah pulau yang sangat berpotensi terjadi kerawanan atas penyeludupan-penyeludupan produk-produk ilegal tentu sangat mempengaruhi produktifitas kesehatan dan daya saing dari bangsa ini. Sehingga badan POM harus hadir untuk mendekatkan diri kepada masyarakat untuk melayani dan mengawasi,"jelas Penny.

Rektor Unkriswina Sumba Pdt. Norlina Rambu Jola Kalunga, S.Si (Teol).,M.Si dalam sambutan pada kegiatan itu juga menjelaskan, pencapaian pelaksanaan Tri darma perguruan tinggi, tidak terlepas dari kerja sama yang baik dengan pihak eksternal, dan Unkriswina telah menjalin kerja sama dengan sejumlah mitra, baik Pemerintah, Lembaga Agama, LSM, Swasta, Perguruan Tinggi di dalam negeri maupun di luar negeri.

Menurut Pdt. Norlina, demikian juga kerja sama dengan BPOM RI, dimana setelah kegiatab bersama Badan POM di Kupang, maka di pandang Perlu untuk penandatangan MoU antara Unkriswiba dengan Badan POM untuk meningkatkan peran masing-masing.

"Membangun sinergi dan kerja sama dengan Pemangku kepentingan di bidang kesehatan sangat dibutuhkan. Sektor kesehatan menjadi tantangan yang tidak sederhana dalan pembanguan Indonesia. Dan ini bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah, tetapi menjadi tanggung jawab bersama, termasuk Perguruan Tinggi,"ungkap Pdt. Norlina.

Masih menurutnya, di abad modern ini, sektor kesehatab merupakan sektor yang sangat penting karena sangat berpengaruh pada kesiapan untuk menyiapkan generasi milenial yang akan datang.

Kata Pdt. Norlina, dengan adanya kerja sama itu, Unkriswina lebih banyak menjalankan kapasitasnya dalam melaksanakan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk keselamatan. Kerja sama itu juga dapat diharapkan dapat mengimplementasikan berbagai Inovasi pada program studi yang ada. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved