800 Guru di Sumba Tengah Bukan Berijazah Kependidikan

Bupati Kabupaten Sumba Tengah, Drs.Paulus SK Limu mengatakan sampai saat ini terdapat 800 tenaga guru yang sedang mengajar di sekolah dasar (SD) dan s

800 Guru di Sumba Tengah Bukan Berijazah Kependidikan
POS-KUPANG.COM/Petrus Piter
Bupati Sumba Tengah, Drs. Paulus SK Limu 

 Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, petrus piter

POS-KUPANG.COM/WAIBAKUL---Bupati Kabupaten Sumba Tengah, Drs.Paulus SK Limu mengatakan sampai saat ini terdapat 800 tenaga guru yang sedang mengajar di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) yang tersebar di seluruh Sumba Tengah bukan berasal dari tenaga guru berijasah kependidikan tetapi umumnya tamatan SMU, SMK dan sederajat bahkan ada pula guru berijasah paket C.

Bagaimana seorang guru dapat mengajar dengan baik dan benar bila hanya berijasah paket C. Apalagi honornya kecil maka kegiatan belajar mengajar tidak berjalan maksimal pula.

Undana Sudah Siapkan SOP Produksi Sophia, Intip Penjelasannya

Untuk itu, pemerintah sedang mempertimbangkan secepatnya akan mengambil keputusan untuk membiayai ke-800 tenaga guru non kependidikan itu untuk studi di universitas indonesia (UI) atau UGM dan universitas negeri lainnya. Bila dalam perjalanan ternyata tidak mampu maka secara otomatis keluar dan tidak dapat mengajar lagi.

Demikian disampaikan Bupati Kabupaten Sumba Tengah, Drs.Paulus SK Limu di ruang kerjanya, Selasa (25/6/2019).

Menurutnya, kebijakan pemerintah membiayai pendidikan tenaga guru itu demi meningkatkan kualitas pendidikan Sumba Tengah ke depan. Tanpa peningkatan kualitas SDM guru maka mutu pendidikan Sumba Tengah tetap rendah bahkan mungkin terbelakang.

Karena itu langkah pemerintah meningkatkan pendidikan SDM guru adalah hal tepat meningkatkatkan kualitas pendidikan Sumba Tengah. Kehadiran tenaga guru berkualitas akan melahirkan pula generasi cerdas dan cermelang Sumba Tengah ke depan. (*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved