Potensi Luas Lahan Garam di TTU Capai 1.079 Hektar

sebenarnya masih banyak potensi lahan untuk tambak garam di Kabupaten TTU, namun belum dilakukan pemetaan secara keseluruhan.

Potensi Luas Lahan Garam di TTU Capai 1.079 Hektar
POS KUPANG/THOMAS MBENU NULANGI
Kepala Dinas Peternakan Kabupaten TTU, Alfonsius Ukat. 

Potensi Luas Lahan Garam di TTU Capai 1.079 Hektar

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU--Berdasarkan pemetaan yang dilakukan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) potensi luas lahan untuk kegiatan tambak garam di wilayah itu mencapai 1.079 hektar.

Potensi luas lahan tersebut diperkirakan masih bertambah mengingat masih banyak sekali lahan yang sampai dengan saat ini belum dilakukan pemetaan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Peternakan Kabupaten TTU, Alfonsius Ukat kepada Pos Kupang saat ditemui di Kantor DPRD TTU, Senin (24/6/2019).

Alfons mengatakan, sebenarnya masih banyak potensi lahan untuk tambak garam di Kabupaten TTU, namun belum dilakukan pemetaan secara keseluruhan.

Potensi Garam di Malaka Harus Dimanfaatkan Demi Kemakmuran Rakyat

Ramalan Zodiak BESOK! Selasa 25 Juni 2019 Scorpio Temperamen Libra Emosimu Hancurkan Masa Depanmu

VIDEO: Keluarga Korban Wisatawan Thailand Yang Meninggal di Lokasi Wisata, Tiba di Labuan Bajo

"Jadi potensi lahan sesuai yang sudah kami petakan itu sekitar 1.079 hektar. Tapi potensi lahan tambak garam masih bertambah karena belum semua kita lakukan pemetaan," kata Alfons.

Dengan potensi luas lahan sebanyak itu, ungkap Alfonsius, maka potensi produksi garam yang akan dihasilkan bisa mencapai 300-400 ribu per tahun.

"Bahkan kalau misalnya lahan tambak garam itu dikelolah semua, dengan cara pengelolaannya yang baik memakai geomembran, maka hasilnya bisa mencapai jutaan ton per tahun," ungkapnya.

Namun saat ini, kata Alfonsius, potensi lahan tersebut belum dapat digarap dengan maksimal karena yang dilakukan saat ini adalah pengembangan garam rakyat.

"Jadi rakyat yang melakukan tambak garam, belum ada investor garam yang. Kalau rakyat yang tambak maka hasilnya tidak sebanyak proyeksi kita," ungkapnya.

Alfonsius mengatakan, dalam rangka meningkatkan produksi garam di Kabupaten TTU, saat ini pihaknya konsentrasi melakukan pengembangan tambak garam rakyat sesuai dengan program dari pemerintah pusat.

"Upaya yang kita lakukan untuk meningkatkan produksi garam, ya kita mengembangkan tambak garam rakyat. Kita kembangkan dengan pelatihan-pelatihan kepada para petani garam," ujarnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved