Potensi Garam Di Ende Seluas 1.256 Hektar

-Potensi garam di Kabupaten Ende sebanyak 1.256 hektar yang tersebar di 3 kecamatan masing-masing Kecamatan Kota Baru

Potensi Garam Di Ende Seluas 1.256 Hektar
POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
Kepala Bidang (Kabid) Industri Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Ende, Yohana L Bela, Sp 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM,ENDE---Potensi garam di Kabupaten Ende sebanyak 1.256 hektar yang tersebar di 3 kecamatan masing-masing Kecamatan Kota Baru di Desa Kota Baru seluas 231 hektar

dan Kecamatan Wewaria di Desa Wewaria seluas 638 hektar serta Desa Ekoae seluas 126 hektar serta di Kecamatan Maukaro masing-masing di Desa Kebirangga seluas 71 hektar dan di Desa Magakapa seluas 64 hektar serta di Desa Kobaleba seluas 53 hektar dan di Desa Nabe seluas 37 hektar.

Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Ende, Sebastianus Bele mengatakan hal itu melalui Kepala Bidang (Kabid) Industri Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Ende, Yohana L Bela, Sp kepada Pos Kupang.Com, Senin (24/6/2019) di Ende ketika dikonfirmasi mengenai pengembangan garam di wilayah Kabupaten Ende.

Kades Roslang Ingin Festival Seafood Jadi Kegiatan Rutin Tahunan

Menurut Yohana garam di Kabupaten Ende sebenarnya cukup berkualitas dan apabila dikembangkan secara profesional maka akan juga akan menghasilkan garam yang berkualitas tinggi juga bisa diproduksi dalam jumlah yang banyak.

“Sayangnya belum ada pengusaha yang berminat untuk mengembangkan usaha garam di Kabupaten Ende padahal diri sisi kualitas cukup menjamin begitupun juga cuaca,”kata Yohana.

Yohana mengatakan bahwa keberadaan garam di Kabupaten Ende sebenarnya beberapa waktu lalu sempat eksis dengan dukungan pemerintah yang ditandai dengan adanya UPT garam namun semenjak secara nasional UPT garam dibubarkan maka keberadaan garam di Kabupaten Ende tidak lagi dikembangkan secara lebih maksimal oleh pemerintah meskipun hingga kini masih ada warga yang mengembangkannya dalam jumlah yang terbatas.

Persebaya Incar Kemenangan Kedua elang Hadapi Madura United, Begini Kata Pelatih

Terkait dengan usaha pemerintah Kabupaten Ende untuk mengembangkan garam, Yohana mengatakan bahwa pemerintah melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi NTT akan kembali mengembangkan garam di Kabupaten Ende karena Kabupaten Ende dinilai menjadi salah satu dari 7 kabupaten di NTT yang memiliki lahan garam dan kualitas garam yang baik.

“Iya kita tentunya akan bekerjasama dan mendukung rencana dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi NTT yang kembali akan mengembangkan garam di Kabupaten Ende,”kata Yohana. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved