Meningkatkan Kualitas Ujian AKhir Semester Universitas Terbuka

Ujian Akhir Semester (UAS) Universitas Terbuka akan dilaksanakan secara serentak di seluruh provinsi di Indonesia dan di 33 negara pada tanggal 23, 29

Meningkatkan Kualitas Ujian AKhir Semester Universitas Terbuka
istimewa
Pembekalan Panitia UAS di Larantuka Kabupaten Flores Timur

POS KUPANG.COM -Ujian Akhir Semester (UAS) Universitas Terbuka akan dilaksanakan secara serentak di seluruh provinsi di Indonesia dan di 33 negara pada tanggal 23, 29, dan 30 Juni 2019.

Pelaksanaan UAS secara serentak ini memerlukan penataan dan pengendalian yang terkontrol untuk menjaga terlaksananya ujian yang sesuai standar.

Dalam operasionalnya, ujian di Universitas Terbuka ditangani oleh Unit Program Belajar Jarak jauh (UPBJJ) yang terdapat di seluruh provinsi.

Salah satunya adalah UPBJJ-UT Kupang sebagai unit operassional di bawah UT yang memiliki wilayah kerja di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pelaksanaan ujian akhir semester (UAS) yang dilakukan secara serentak tentunya memerlukan kesiapan yang baik dan terkendali.

Oleh sebab itu sebelum dilaksanakan kegiatan pelaksanan ujian Universitas Terbuka dalam hal ini UPBJJ-UT Kupang melakukan pembekalan kepada para panitia UAS yang tersebar dibeberapa lokasi di Propinsi Kupang, seperti Ende, Atambua, Kefamenanu, Waingapu, Ruteng, Borong, Waibakul, Waikabubak, Tambolaka, dan Sabu. Kegiatan tersebut dilaksanakan dari tanggal 12 s.d. 16 Juni 2019 atau 10 hari sebelum pelaksanaan UAS.

Kegiatan pembekalan UAS rutin dilaksanakan di tiap semester dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada para petugas UAS serta untuk memudahkan pengontrolan pelaksanaan UAS yang cukup banyak mahasiswa di setiap lokasi UAS.

Untuk memastikan pelaksanaan UAS terlaksanana dengan baik maka UT menyusun kepanitiaan yang terdiri dari Penanggung Jawab Tempat Ujian (PJTU), Penanggung Jawab Lokasi Ujian (PJLU), Pengawas Keliling (Waskel), Pengawas Ruang,Penanggung Jawab Sarara Prasarana (PJ Sarpras), dan panitia lainnya.

Penentuan kepanitiaan UT menetapkan kriteria untuk masing-masing jabatan kepanitiaan untuk terciptanya kelancaran pelaksanaan UAS.

Untuk memastikan pelaksanaan ujian terlaksana sesuai prosedur dan ketentuan yang telah ditetapkan juga dilakukan monitoring oleh panitia secara internal maupun pemantauan dari UT Pusat.

Halaman
12
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved