Bupati Terpilih SBD : Berkomitmen Buat Perda Ciptakan Rumah Sehat Warga

kondisi itu rawan menimbulkan berbagai penyakit yang mudah menyerang penghuni rumah atau tetangga sekitar.

Bupati Terpilih SBD : Berkomitmen Buat Perda Ciptakan Rumah Sehat Warga
POS KUPANG/OBY LEWANMERU
Pimpinan Pos Kupang bertemu bupati terpilih SBD, dr.Kornelius Kodi Mete di kediamannya di Tambolaka, SBD, Senin (24/6/2019) pagi. 

Berkomitmen Buat Perda Ciptakan Rumah Sehat Warga

POS-KUPANG.COM|TAMBOLAKA--Bupati terpilih Kabupaten Sumba Barat Daya, dr.Kornelius Kodi Mete mengatakan, salah satu langkah yang akan dilaksanakan setelah resmi menjabat Bupati Kabupaten Sumba Batat Daya September 2019 mendatang adalah membuat peraturan daerah tentang pembangunan rumah sehat warga.

Dengan demikian, setiap warga SBD dalam hal membangun rumah selain harus mengantongi IMB juga memperhatikan persyaratan layak lainnya demi menciptakan rumah sehat bagi warga.

Hal itu disampaikan Bupati terpilih SBD periode 2018-2023 , dr.Kornelius Kodi Mete saat menerima kunjungan pimpinan Pos kupang di kediamannya di Tambolaka, SBD, Senin (24/6/2019).

VIDEO: PT. Menara Armada Pratama Ke Kampung Wae Pesi dan Kali Reba untuk Lakukan Hal Ini

Suami Tewas Gara-gara Ular Sanca Peliharaan, Begini Tanggapan Istri

Keluarga Korban Wisatawan Thailand Yang Meninggal Tiba di Labuan Bajo

BREAKING NEWS: Gempa Terasa di Kota Kupang, NTT, Dimana Pusat gempanya?

Menurutnya, kebiasaan warga Sumba Barat Daya khususnya dan Sumba umumnya membangun rumah dengan ternak piaraan berada dilantai dasar atau dibagian belakang rumah.

Dari sisi kesehatan, kondisi itu rawan menimbulkan berbagai penyakit yang mudah menyerang penghuni rumah atau tetangga sekitar.

Karena itu, ke depan, pemerintah perlu mengambil kebijakan demi menciptakan suasana hidup warga lebih sehat adalah dengan memulai konsep pembangunan rumah sehat bagi warga Sumba Barat Daya.

Konsep tersebut akan terumuskan melalui sebuah Ranperda tentang pembangunan runah sehat yang seterusnya disampaikan ke DPRD SBD untuk dibahas bersama.

Selanjutnya, berharap Ranperda tersebut ditetapkan menjadi sebuah peraturan daerah (Perda) yang menjadi rambu-rambu bagi seluruh rakyat SBD dalam hal membangun rumah tempat tinggalnya yang sehat adan asri.

Secara teknis, pemerintah menata pula pembangunan rumah berwawasan lingkungan hidup artinya setiap warga yang membangun runah harus menyediakan sedikit lahan terbuka untuk penanaman pohon.

Dengan demikian, rumah tersebut senantiasa tersedia oksigen cukup bagi penghuninya dan jangan mengandalkan oksigen tetangga. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved