Warga Desa Kahale Desak Pemkab Sumba Barat Daya Bangun Jalan ke Pantai Bawaha dan Watumalando

Warga Desa Kahale, Kecamatan Kodi Balagar, Kabupaten Sumba Barat Daya mendesak pemerintah daerah SBD dan pemerintah propinsi NTT segera membangun jala

Warga Desa Kahale Desak Pemkab Sumba Barat Daya Bangun Jalan ke Pantai Bawaha dan Watumalando
Pos Kupang.com/Petrus P
Suasana pantai Bawana di Desa Kahale, SBD. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, petrus piter

POS-KUPANG.COM/TAMBOLAKA--Warga Desa Kahale, Kecamatan Kodi Balagar, Kabupaten Sumba Barat Daya mendesak pemerintah daerah SBD dan pemerintah propinsi NTT segera membangun jalan raya yang baik menuju lokasi wisata pantai Bawana dan Watumalando di Desa Kahale, Kecamatan Kodi Balagar di Selatan Sumba Barat Daya.

Pasalnya sebagian besar akses jalan raya sepanjang perjalanan mulai Tambolaka hingga Pantai Bawana dan Watumalando di Desa Kahale, Kecamatan Kodi Balagar, SBD sebagian besar rusak. Jalan berlubang bahkan sebagian sudah tidak nampak aspal lagi. Meskipun diujung jalan raya, sekitar 2 km menuju pantai Bawana dan Watumalando beraspal baik namun kondisi jalan sempit sehingga rawan kecelakaan.

Demikian disampaikan Petrus Ana Lalo, Warga Desa Kahale dan Dominggus Dengi Wungo, warga Desa Karang Indah di Kahale, Sabtu (22/6/2019). Keduanya mengatakan, setahun terakhir ini, arus kunjungan wisatawan ke pantai Bawana dan Watumalando cukup meningkat.

Pelatih Baru Macan Kemayoran Puas Walau Hanya Seri vs Persela, Ini Pengakuan Pelatih Persija

Setiap hari terutama pada sore hari, puluhan mobil travel mengangkut wisatawan menuju pantai Bawana dan Watumalando untuk menyaksikan keindahan pantai saat matahari terbenam.

Akibat jalan raya rusak maka pengunjung harus menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam dari Bandara Tambolaka menuju Pantai Bawana dam Watumalando.

Atlet Tarung Derajat Kota Kupang Siap Tampil di Popda NTT 2019: Jangan Orientasi Bonus

Selain itu, keduanya juga meminta pemerintah dalam hal ini, Dinas Pariwisata SBD segera membangun fasilitas publik di lokasi wisata terutama wc dan kamar.mandi, pondok istirahat dan lain-lain sehingga memudahkan wisatawan berkunjung ke lokasi wisata itu.

Selama ini, lokasi wisata Pantai Bawana dan Watumalando yang berada dekat Rada TNI AURI itu sepertinya luput dari perhatian pemerintah. Saat ini, pantai tersebut dikelolah warga setempat. Setiap wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata Pantai Bawana dan Watumalando wajib membayar biaya masuk Rp 25.000/orang bahkan terkadang hingga Rp 50.000/orang.

Karena itu, keduanya berharap pemerintah perlu turun tangan menangani pengelolaan kedua obyek wisata pantai itu agar bermanfaat bagi daerah ini. (*)

Maung Bandung Isyaratkan Rotasi Pemain dan Mainkan Vizcarra, Ini Skuad Persib vs Madura United

 

Suasana di Pantai Kawona, Sumba Barat Daya, sangat indah dan menjadi salah satu destinas yang selalu dipadati warga dari Pulau Sumba dan luar NTT saat berwisata di Pulau Terindah di Dunia ini
Suasana di Pantai Kawona, Sumba Barat Daya, sangat indah dan menjadi salah satu destinas yang selalu dipadati warga dari Pulau Sumba dan luar NTT saat berwisata di Pulau Terindah di Dunia ini (Pantai kawona)
Penulis: Petrus Piter
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved