TKW Korban Kebakaran yang Meninggal di Saudi, Ini Penjelasan BP3TKI

Para TKW Korban kebakaran yang Meninggal Dunia di Arab Saudi, Ini Penjelasan BP3TKI

TKW Korban Kebakaran yang Meninggal di Saudi, Ini Penjelasan BP3TKI
KOMPAS.com/IDHAM KHALID
Kasim sedang menunjukkan foto kakaknya, Kaini, salah satu korban TKW yang meninggal akibat kebakaran di Arab Saudi, Minggu (23/6/2019). 

Para TKW Korban kebakaran yang Meninggal Dunia di Arab Saudi, Ini Penjelasan BP3TKI

POS-KUPANG.COM | LOMBOK TENGAH - Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia ( BP3TKI) Nusa Tenggara Barat ( NTB) Yohanes menyebutkan, keberangkatan korban TKW asal Lombok Tengah yang meninggal akibat kebakaran di Arab Saudi pada Jum'at (21/6/2019) diduga tidak menggunakan jalur prosedural.

"Dapat kami sampaikan bahwa keberangkatan para korban ke Arab Saudi (Mekah) diduga nonprosedural" Ungkap Yohanes dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (23/6/2019).

Ayah Korban Kebakaran Pabrik Korek Api Bawa Bantal Kesayangan Anaknya ke Rumah Sakit

Disebutkan Yohanes, keberangkatan korban TKW yang tidak menggunakan jalur resmi menyebabkan pihaknya kesulitan untuk melakukan penanganan.

"Keberangkatan korban yang diduga tidak menggunakan jalur resmi ini, membuat kita kesulitan mendapatkan informasi baik identitas, alamat asal dan proses keberangkatannya sampai terjadi musibah seperti ini," kata dia.

Informasi jumlah korban

Dari informasi terakhir yang diperoleh dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Yohanes menyampaikan jumlah korban Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal NTB yang meninggal di Saudi sebanyak tiga orang, dan sampai saat ini sedang menunggu informasi lanjutan dari KJRI.

Pelaku Pembunuhan Pemuda Saat Pesta di Manusak, Kupang Timur, Ditangkap di Timor Leste

Namun dia dapat memastikan, sebanyak dua korban telah dilaporkan kepada pihaknya terkait kasus tersebut.

"Info sementara sampai dengan pagi ini yang dapat saya rekam identitas korban kebakaran di Mekkah asal NTB baru dapat dua orang," katanya.

Kedua korban yang dimaksud tersebut yaitu, Ida Rohayani (37) alamat Desa Gerintok, Kecamatan Renteng Lombok Tengah dan Kaini (32) dengan alamat Desa Wakul, Kecamatan Praya, Lombok Tengah. (Kompas.com/Idham Khalid)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BP3TKI :TKW Korban Kebakaran yang Meninggal di Saudi Diduga Ilegal",

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved