Dirikan Sholat Tahajud di Tiga Waktu Ini Agar Doamu Terkabul

Bicara sholat Tahajud,semua Umat Muslim pasti sudah tahu manfaat dan keutamaannya.Namun tahuka anda, waktu yang tepat untuk mendirikan sholat Tahajud?

Dirikan Sholat Tahajud di Tiga Waktu Ini Agar Doamu Terkabul
kolase/konsultasifiqih
Sholat Tahajud 

Dirikan Sholat Tahajud di Tiga Waktu Ini Agar Doamu Terkabul

POS-KUPANG.COM- Bicara sholat Tahajud, semua Umat Muslim pasti sudah tahu manfaat dan keutamaannya. Namun tahukan anda, kapan waktu yang tepat untuk mendirikan sholat sunnah malam ini.

Dirilis dari berbagai sumber, ada tiga waktu mendirikan sholat tahajud agar doa-doamu terkabul. 

Firman Allah SWT dalam Alquran Surat Al Isra ayat 79, "Hendaknya engkau gunakan sebagian waktu malam itu untuk salat Tahajud, sebagai sholat sunnah untuk dirimu, mudah-mudahan Tuhan akan membangkitkan engkau dengan kedudukan yang baik."

Masih Ingat Sholat Tahajud? Ini Niat dan Doa Serta Amalannya, Jangan Sampai Lupa Loh!

Sholat tahajud merupakan sholat yang dilaksanakan setelah sholat Isha dan setelah tidur malam. Rakaat Sholat Tahajud tidak ada batasnya. Namun sebagian orang melaksanakan dua rakaat sekali salam. 

Lalu kapan waktu yang tepat untuk mendirikan sholat Tahajud?  Ini dia  3 waktu yang dianjurkan mendirikan sholat Tahajud:

Pertama, Sepertiga Malam Pertama

Sepertiga malam pertama adalah waktu setelah salat Isya' hingga pukul 22.00. Namun meskipun masih belum begitu larut, Muslim yang mengerjakan salat Tahajud di waktu ini harus terlebih dahulu tidur sejenak.

Yuk Segarkan Kembali Ingatan Tentang Tata Cara dan Bacaan Doa Sholat Tahajud

Kedua,  Sepertiga Malam Kedua

Sepertiga malam kedua adalah waktu antara pukul 22.00 hingga 01.00. Waktu ini cukup sulit untuk dilaksanakan, karena pada saat itu setiap orang sedang terlelap. Oleh sebab itu, jika melaksanakan tahajud pada sepertiga malam kedua ini diyakini punya fadhilah dan keiistimewaan besar.

3. Sepertiga Malam Terakhir

Sepertiga malam terakhir adalah waktu antara pukul 01.00 hingga sebelum memasuki waktu subuh. Waktu ini adalah yang paling utama untuk melaksanakan salat sunnah Tahajud.

Ini Delapan Keutamaan Luar Biasa Sholat Tahajud

Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadistsnya mengatakan," Setiap malam Allah SWT turun dari langit ke dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terakhir. Ia (Allah) pun berkata," Adakah hamba-Ku yang meminta sehingga pasti Aku berikan apa yang dia minta? Adakah hamba-Ku yang berdoa hingga pasti Aku kabulkan doanya? Adakah hamba-Ku yang ber-istighfar sehingga Aku ampuni dosanya?" (Bukhori dan Muslim).

Nah, tunggu apa lagi. Ayo dirikan Sholat Tahajud karena janji Allah nyata. (*)

Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved