Suka Begadang? Simak 6 Cara Mengatasinya

Begadang bisa jadi merupakan gaya hidup bagi sebagian orang. Tapi tahukah anda, begadang tidak baik untuk kesehatan.Simak cara mengatasinya

Suka Begadang? Simak 6 Cara Mengatasinya
iStock
Wah, Ternyata 5 Kebiasaan ini Bisa Picu Kanker, Salah Satunya Begadang! 

Suka Begadang? Simak 6 Cara Mengatasinya

POS-KUPANG.COM- Begadang bisa jadi merupakan gaya hidup bagi sebagian orang. Tapi tahukah anda, begadang tidak baik untuk kesehatan.

Kesibukan manusia yang semakin tinggi dan berbagai faktor lain menjadi penyebab mata sulit terpejam di malam hari.

Padahal, begadang menimbulkan berbagai risiko kesehatan, termasuk obesitas. Tidur yang nyenyak adalah kunci mempertahankan berat badan ideal.

Peer Gynts di Larantuka: Kolaborasi Seniman Asia dan Flores Timur

Selain itu, tidur nyenyak juga mencegah ketidakseimbangan hormon yang bisa mengundang penyakit seperti hipotiroidisme, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Agar tubuh tetap sehat, berikut cara mengatur jam tubuh dan membuat kita bisa tertidur nyenyak.

1. Jauhi cahaya biru Perangkat elektronik dan bola lampu hemat energi menghasilkan sesuatu yang disebut cahaya biru. Cahaya ini menyebabkan kita tidak bisa tidur di malam hari. Selain itu, cahaya biru dari penggunaaan ponsel juga memiliki efek yang membuat kita ketagihan, dan ingin tetap terjaga selama 20-30 menit ekstra.

Di Cianjur, Puluhan Warga Keracunan Ikan Pindang, 2 Orang Meninggal

2. Jangan tidur siang terlalu lama Ini seperti lingkaran setan. Tidur malam terlalu larut membuat kita mengantuk di siang hari. Jika kita tidur saat siang hari, kita bisa saja sulit tidur tepat waktu saat malam harinya. Hal semacam ini terus berlanjut, sampai kita melewatkan tidur siang, atau memaksakan diri untuk tidur lebih awal. Demi mengatasinya, jangan tidur siang terlalu lama. Sebaiknya, kita tidur siang maksimal 20 menit untuk membuat tubuh kembali segar dan tetap bisa tidur tepat waktu di malam harinya.

3. Olahraga Aktivitas fisik yang tinggi di sepanjang hari pasti akan mendatangkan rasa lelah di malam harinya. Saat lelah, tubuh menginginkan dosis tidur yang seimbang untuk menyeimbangkan tenaga. Olahraga biasanya meningkatkan detak jantung dan membuat kita tidur lebih nyenyak di malam hari. Selain itu, melakukan yoga sebelum tidur juga membantu kita merasa lebih rileks. Baca juga: Lebih Bugar dan Rileks dengan Essential Oils

4. Hindari makan malam terlalu larut Rasa lapar akan membuat kita sulit tidur. Namun, makan terlalu malam juga membuat berat badan bertambah secara signifikan. Untuk mengatasinya, sebaiknya kita minum air daripada melahap makanan. Cara ini akan menormalkan siklus tidur dan menyinkronkan jam tubuh secara alami.

Malas Perawatan Rambut di Salon? Coba 4 Bahan Alami Ini Agar Rambut Lurus dan Sehat

5. Ambil langkah bertahap Jangan melakukan perubahan jam tidur terlalu drastis. Kita bisa menormalisasi jam tidur yang berantakan dengan perlahan. Misalnya, tidur lebih awal satu jam setiap hari selama seminggu saja bisa membantu menormalisasi jam tidur. Namun, lakukan itu secara konsisten agar jam tidur kita lebih stabil.

6. Konsistensi Praktikkan kebiasaan tidur yang baik, dan cobalah bangun pada waktu yang sama setiap hari untuk membiasakan diri. Dengan konsistensi, tubuh tidak akan goyah dan kita bisa mendapatkan tidur malam yang sesuai rekomendasi, yaitu delapan jam sehari.

Jika cara tersebut tak ada yang berhasil, segera bangun dari tempat tidur dan bergeraklah. Bersantailah dan lakukan sesuatu yang kita nikmati. Hanya diam saja di kasur saat mata tak bisa terpejam hanya membuat otak menumbuhkan kebiasaan begadang.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Demi Kesehatan, Simak 6 Cara Atasi Kebiasaan Begadang", https://lifestyle.kompas.com/read/2019/06/18/111825220/demi-kesehatan-simak-6-cara-atasi-kebiasaan-begadang?page=all.
Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Glori K. Wadrianto

Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved