Selain Indonesia, Tiga Negara Ini Juga Menerapkan Sistem Zonasi dalam Perekrutan Siswa

Sistem zonasi sekolah diterapkan di Australia, Inggris dan Jepang. Mereka yang ingin anaknya masuk ke sekolah harus memiliki bukti tempat tinggal

Selain Indonesia, Tiga Negara Ini Juga Menerapkan Sistem Zonasi dalam Perekrutan Siswa
www.gotoaustralia.com.au
Pelajar Australia 

Sistem zonasi sekolah diterapkan di Australia, Inggris dan Jepang. Mereka yang ingin anaknya masuk ke sekolah yang diinginkan harus memiliki bukti tempat tinggal Di Victoria juga ada beberapa sekolah dimana muridnya diterima sepennuhnya lewat tes

POS-KUPANG.COM - Kalau di Indonesia sistem zonasi baru diterapkan untuk pertama kalinya, di Australia hal ini sudah diterapkan selama bertahun-tahun, sama seperti di negara lain seperti di Jepang dan Inggris.

Sistem zonasi dengan memperhatikan tempat tinggal murid dan orang tua ketika mendaftar di sekolah secara umum dianggap berhasil memeratakan mutu pendidikan sekolah, walau juga masih menciptakan berbagai masalah dimana-mana.

Dengan adanya sistem zonasi tersebut, orang tua murid yang ingin agar anak mereka masuk ke sekolah negeri yang dikehendaki sudah mempertimbangkan sejak awal untuk tinggal di daerah yang masuk zona sekolah tersebut.

Karena adanya beberapa sekolah yang dianggap mutunya bagus, maka tidak mengherankan bila kemudian harga rumah atau sewa di kawasan-kawasan sekolah bagus tersebut lebih mahal dibandingkan daerah lainnya.

Hal tersebut yang dilakukan oleh seorang warga asal Indonesia Riza Tsalasi yang sekarang tinggal di Melbourne.

Respons Keluhan Orang Tua, Presiden Perintahkan Mendikbud Evaluasi Sistem Zonasi PPDB

ZODIAK BESOK! Ramalan Zodiak Minggu 23 Juni 2019, Capricorn Mood Tepat, Leo Dapat Fitnah

Live Streaming Bali United vs PSIS Semarang Liga 1 2019 Sabtu (22/6) Jam 15.30 WIB

Ibu dari dua anak Delfin 12 tahun dan Adriz 6 tahun pada awalanya tinggal di Sydney dan sejak tahun 2014 pindah ke Melbourne, setelah keluarganya migrasi dari Indonesia.

Dalam menentukan sekolah mana yang hendak dimasuki bagi kedua putranya tersebut, Rizka menggunakan situs yang dibuat oleh pemerintah Australia yang mengeluarkan informasi mengenai semua sekolah yang ada.

"Saya bergantung kepada website MySchool yang dibuat oleh pemerintah Australia."

"Dari website tersebut, saya bisa melihat sekolah mana yang memiliki nilai akademik lebih baik dibanding sekolah lain." kata Rizka kepada wartawan ABC Indonesia Sastra Wijaya hari Kamis (20/6/2019).

Halaman
123
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved