Pemkab Malaka Undang Secara Adat Pemerintah Kabupaten/Kota se NTT Ikut ETMC

Pihak Pemkab Malaka Undang Secara Adat Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi NTT Ikut ETMC

Pemkab Malaka Undang Secara Adat Pemerintah Kabupaten/Kota se NTT Ikut ETMC
POS-KUPANG.COM/FOTO HUMAS PEMKAB MABAR
Tim dari Pemerintah Kabupaten Malaka mengundang secara adat Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat untuk menghadiri acara El Tari Memorial Cup (ETMC) tahun 2019 di Malaka. 

Pihak Pemkab Malaka Undang Secara Adat Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi NTT Ikut ETMC

POS-KUPANG.COM | BETUN - Pemerintah Kabupaten Malaka membuat sesuatu yang unik dalam hajatan El Tari Memorial Cup (ETMC) tahun 2019. Terutama dalam mengundang pemerintah kabupaten/kota untuk menghadiri acara sepak bola akbar di NTT ini.

Tradisi dalam hajatan dua tahun sekali ini biasanya pemerintah kabupaten/kota hanya diundang melalui surat resmi dari panitia kegiatan. Namun, kali ini Pemkab Malaka dibawa nahkoda Bupati Stefanus Bria Seran membuat lebih berbeda.

KBHTM Maumere Tuan Rumah Mubes III Indonesia dan Timor Leste

Pemerintah Kabupaten Malaka mengundang secara adat pemerintah kabupaten/kota se NTT untuk menghadiri acara El Tari Memorial Cup (ETMC) tahun 2019 di Malaka.

Saat ini tim dari Pemkab Malaka sedang berkeliling ke setiap kota kabupaten/kota untuk mengundang secara adat. Tim ini terdiri dari ASN Pemkab Malaka dan anggota DPRD Malaka serta sesepuh dari daerah asal yang tinggal di Kabupaten Malaka.

2 Hari Lagi Daftar SBMPTN 2019 Ditutup, Jurusan Terbaru Ini Belum Banyak yang Tahu dan Pilih

Konsep udangan secara adat ini tidak sekedar nama tetapi ditandai dengan simbol-simbol budaya. Tim yang mengundang itu mengenakan busana adat Malaka dilengkapi aksesoris serta simbol budaya seperti tempat sirih pinang. Dengan demikian, makna undangan secara adat itu terlihat.

Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula seperti berita yang dirilis Humas Pemda Mabar menyebutkan Pemerintah Manggarai Barat memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Malaka yang memberikan undangan secara adat guna menghadiri acara pembukaan dan Penutupan ETMC 2019 di Kabupaten Malaka.

Tim dari Malaka yang bertugas mengundang Pemkab Manggarai Barat adalah Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malaka, Devi Hermin Ndolu, SH., Sekretaris Bappeda Malaka, Herman Klau, S.Pi., dan Ketua Paguyuban Manggarai di Malaka, Wihelmus Jerumu.

Terkait undangan tersebut, Bupati Gusti yang didampingi Ketua Persamba, Ir. Oktavianus A. Bona, mengatakan, ia memberikan apresiasi kepada Pemkab Malaka yang mengemas cara undangan adat untuk menghadiri ETMC ke-XXIX 2019.

Katanya, penyampaian undangan secara adat ini adalah yang pertama dalam sejarah ETMC.

Bupati Gusti menyampaikan, ia bersama forkompimda Manggarai Barat siap menghadiri acara pembukaan dan penutupan ETMC di Malaka.

Hal yang sama dilakukan tim yang bertugas mengundang Pemerintah Kabupaten Flores Timur.

Utusan dari Pemkab Malaka yang hadir datang yakni, Anggota DPRD Malaka, Bernadete Luruk Seran Kaban Keungan, Alosius Werang, Kadis BKPP, Veronika Fahik dan Ketua Paguyuban Lamaholot, Yohanes L Tukan.

Bertempat di ruangan Sekda Flotim, utusan Pemda Malaka melakukan ritual adat Hamata (Rekadu atau mengundang) Pemkab Flotim.

Terhadap undangan Pemda Malaka itu, Sekda Flotim, Paulus Igo Geroda menyampaikan salam hormat dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemda Malaka dan menyatakan kesiapan Pemkab Flotim memenuhi undangan tersebut. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved