Kapolres Belu Beri Klarifikasi Masalah Anggotanya dengan Wartawan

Polres Belu tidak pernah melarang wartawan untuk melakukan peliputan kasus-kasus di Polres Belu.

Kapolres Belu Beri Klarifikasi Masalah Anggotanya dengan Wartawan
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
KAPOLRES--Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing 

Kapolres Belu Beri Klarifikasi Masalah Anggotanya dengan Wartawan

POS -KUPANG.COM| ATAMBUA--Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing memberikan klarifikasi terhadap persoalan yang terjadi antar Kasat Narkoba Polres Belu, Iptu Ivans Drajat dengan Wartawan Gerbang NTT.Com, Mariano Parada.

Dalam klarifikasi yang berlangsung Jumat (21/6/2019) malam, Kapolres Tobing mengatakan, Polres Belu tidak pernah melarang wartawan untuk melakukan peliputan kasus-kasus di Polres Belu. Selama bertugas sebagai Kapolres Belu, ia mengaku selalu memberikan informasi ketika dikonfirmasi para wartawan.

Bahkan jika ia tidak berada di tempat, ia mengizinkan wartawan untuk mengkonfirmasi dengan para kasat dan kapolsek. Baginya, keterbukaan informasi tidak bisa ditutup-tutupi.

Tahu Bekas Sekolah Dasarnya Akan Ditutup Jimin BTS Lakukan Hal yang Sangat Menyentuh Ini ARMY Mewek

BREAKING NEWS : Penjual Nabas di Kota Kupang Dianiaya Pemuda Mabuk Hingga Babak Belur

Tonton Aksinya Sendiri Saat Jadi Aktor Drama Korea Reaksi Jin BTS Ini Bikin ARMY Pangling

"Teman-teman kan tahu selama ini saya selalu terbuka dengan teman-teman. Kalau ada yang konfirmasi berita, saya pasti sampaikan. Jika saya tidak ada, pasti lewat kasat dan kapolsek. Semuanya terbuka," ungkap Kapolres Tobing.

Kapolres Tobing yang paham dengan pekerjaan jurnalistik ini mengatakan, wartawan adalah mitra Polri yang saling bersinergi dalam menjalankan tugas masing-masing demi membangun daerah, bangsa dan negara.

Oleh karena itu, ia selalu mengingatkan para perwira polisi yang memiliki jabatan seperti kasat dan kapolsek untuk membangun hubungan baik dengan wartawan serta saling menghargai profesi. Jika ada kesalahpahaman bisa dikomunikasi dengan baik sehingga kemitraan antara pers dan polri tetap terjaga.

Terkait dengan masalah Kasat Narkoba, Iptu Ivans Drajat dengan wartawan Gerbang NTT.Com, Kapolres Tobing menegaskan, ia akan memberikan teguran keras kepada Ivans Drajat. Bahkan sebelum pertemuan dengan wartawan malam itu, ia sudah menegur anggotanya sejak hari kejadian.

Kemudian, lanjut Tobing, dalam waktu dekat ia akan mempertemukan Iptu Ivans Drajat dengan wartawan Gerbang NTT.Com agar Iptu Ivans bisa menyampaikan permohonan maaf. Karena tindakan yang dilakukan Kasat Narkoba Ivans Drajat dinilai salah. Seharusnya sebagai perwira tidak melakukan hal yang seperti dialami wartawan Gerbang NTT.Com, Kamis (20/6/2019).

Secara institusi, Kapolres menyampaikan permohonan maaf kepada wartawan di Kabupaten Belu secara khusus wartawan Gerbang NTT.Com, Mariano Parada atas tindakan anggotanya.

"Saya sampaikan permohonan maaf kepada rekan-rekan wartawan secara khusus pak Mariano atas tindakan anggota saya," ungkap Kapolres Tobing yang saat itu didampingi Kasat Reskrim dan Polsek Malaka Tengah.

Kapolres Tobing meminta kepada wartawan di Kabupaten Belu agar tetap membangun hubungan baik dengan Polres Belu. Persoalan yang sudah terjadi pasti secara internal akan dievaluasi.

Wagub NTT,Josef Nae Soi, Buka Kaderisasi Pelatih Nasional THS-THM 2019

Waspada! Tiga Daerah di NTT Ini Berpotensi Terjadi Kebakaran Hutan atau Lahan

Anda Ingin Berlayar ke Larantuka menggunakan Kapal Feri, Baca Jadwalnya!

Kapolres menjamin tidak ada anggota yang berani melarang peliputan berita apalagi mengintimidasi wartawan.

Ketua Perhimpunan Jurnalis Perbatasan RI-RDTL (Pena Batas), Fredirikus Bau dan rekan wartawan menerima permintaan maaf dari Kapolres Belu.

Kata Edy Bau, wartawan di Kabupaten Belu tidak bermasalah dengan institusi Polres Belu tetapi dengan oknum anggota yang adalah Kasat Narkoba Polres Belu. Pasalnya tindakan Kasat Narkoba sudah menimbulkan rasa tidak nyaman bagi wartawan khususnya wartawan Gerbang NTT.Com. (Laporan Reporter POS KUPANG.COM,
Teni Jenahas).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved