Hari Ini Donat Berbentuk Bundar dan Bolong di Tengah Diperkenalkan 172 Tahun Lalu

Hari ini pada 172 tahun lalu Donat berbentuk bulat lubang di tengah diperkenalkan pertama kali ke publik

Hari Ini  Donat Berbentuk Bundar dan Bolong di Tengah Diperkenalkan 172 Tahun Lalu
Istimewa --
Donat Lio 

Hari Ini  Donat Berbentuk Bundar dan Bolong di Tengah Diperkenalkan 172 Tahun Lalu

POS-KUPANG.COM- Donat merupakan salah satu jenis makanan yang diminati banyak orang.

Pembuatan yang mudah dan rasanya yang enak menjadikan donat populer di seluruh penjuru dunia. Tak hanya tersedia di minimarket atau kedai tertentu,  donat  ada di pasar tradisional.

Namun, yang menjadikan donat terkenal bukan soal rasa dan cara membuatnya. Tapi bentuknya yang unik. Pada umumnya, donat memiliki bentuk bundar dengan lubang pada bagian tengahnya sehingga seperti cincin.

Ternyata donat bentuk ini kali pertama diperkenalkan hari ini 172 tahun yang lalu, tepatnya 22 Juni 1847.

Dilansir dari Daily Telegraph, Kapten Hanson Crockett Gregory berada di balik lahirnya pembuatan donat dengan lubang pada bagian tengah.

Dia merupakan seorang pelaut yang ketika itu berusia 16 tahun, sedang menaiki kapal untuk mengangkut batu kapur. Ia memasak kue dan tak sengaja menusuk bagian lubang adonan tersebut.

Simak Harga Baru Rumah Subsidi Tahun 2019 dan 2020

Setelah itu dia menggoreng dan jadilah donat dengan lubang pada bagian tengahnya. Klaim sebagai pencipta kuliner berbentuk cincin ini banyak diperdebatkan, namun pada akhirnya diterima secara luas.

Konsep ini akhirnya dia ajarkan ke ibunya, Elizabeth Gregory. Dia juga mengajarkan teknik ini pada beberapa orang yang ditemuinya.

Berkat pekerjaannya sebagai pelaut, donat berbentuk bundar ini menyebar ke seluruh dunia. Perdebatan Asal usul kuliner ini sebenarnya tak begitu jelas. Donat disebut sudah ada berabad-abad yang lalu dan dikonsumsi oleh berbagai orang di dunia.

Halaman
123
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved