Pahunga Lodu Sentra Produksi Rumput Laut Tertinggi di Sumba Timur

Wilayah Kabupaten Sumba Timur merupakan daerah yang memiliki lahan produksi rumput laut yang sangat bagus.

Pahunga Lodu Sentra Produksi Rumput Laut Tertinggi di Sumba Timur
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
Pembudidayaan rumput laut di Kaliuda Sumba Timur. 

Pahunga Lodu Sentra Produksi Rumput Laut Tertinggi di Sumba Timur

POS-KUPANG. COM | WAINGAPU--Wilayah Kabupaten Sumba Timur merupakan daerah yang memiliki lahan produksi rumput laut yang sangat bagus.

Hal ini terbukti pada Tahun 2018 lalu, produksi rumput laut secara keseluruhan di Sumba Timur sebesar 30.054,49 ton.

Kepala Dinas Kelautan  dan Perikaan (DKP) Markus K. Windi, S.Pi ketika dikonfirmasi POS-KUPANG.COM di Ruang Kerjanya, Jumat (21/6/2019) menjelaskan, di Sumba Timur peluang usaha untuk budidaya rumput laut masih sangat terbuka karena pemanfaatan lahan baru mencapai 3,16 % atau 476,46 Ha dari potensi lahan yang tersediah seluas 15.069,4 Ha.

Saat Pesawat Turbulensi, Pramugari dan Kereta Makanan Terlempar ke Langit-langit, Ini Kondisinya

Nelayan Ini Diserang Buaya saat Mencari Ikan di Sungai, Begini Kondisinya

yang terdiri dari long line 9.210 Ha, dan lepas dasar 5.850,4 Ha. Sedangkan produksi rumput laut Sumba Timur secara keseluruhan pada Tahun 2018 sebesar 30.054,49 ton dengan rata-rata produksi perhektar sebesar sebanyak 63 ton.

Windi didampingi Sekertaris DKP Sumba Timur Yohanis Njurumana, S. Pi, M.A.P, dan Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Kecil Pembudidayaan Ikan DKP kabupaten Sumba Timur Kandubu Lowang, S.Pi menjelaskan, sementara masyarakat yang melakukan usaha rumput laut, kata Windi, berjumlah 4.389 rumah tangga perikanan (RTP) dengan jumlah tenaga kerja 8.778 jiwa.

Tenaga kerja ini tergabung dalam 214 kelompok pembudidaya yang tersebar di 39 hamparan yang ada di wilayah Kecamatan Kanatang, Haharu, Pandawai, Ulalulu, Rindi, Pahunga Lodu, Karera, dan Kecamatan Wulawaijilu.

Frank Lampard Dikontak Chelsea untuk Jangka Panjang, Ini Tujuannya

Monitoring dan Evaluasi Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian di SMK-PP Negeri Kupang

Windi juga mengatakan dari sejumlah wilayah Kecamatan itu, yang paling dominan dan menjadi sentra produksi rumput laut adalah di Kecamatan Pahunga Lodu.

Sebab di Kecamatan Pahunga Lodu terdapat 157 kelompok dari 214 kelompok pembudidayaan rumput laut yang tersebar di Sumba Timur atau sekitar 60 persen. Sementara jumlah RTP khusus di Kecamatan Pahunga Lodu sebanyak 1633 RTP dengan 3.266 orang tenaga kerja.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved