Bahas Masalah Stunting, Pemda TTU Gelar Rapat Koordinasi Lintas Stakeholders,Yuk Simak!

Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) menggelar rapat koordinasi lintas stakeholders dalam rangka membahas kasus stunting

Bahas Masalah Stunting, Pemda TTU Gelar Rapat Koordinasi Lintas Stakeholders,Yuk Simak!
POS KUPANG/THOMAS MBENU NULANGI
Para peserta mengikuti rapat koordinasi lintas stakeholders untuk membahas masalah stunting di Aula Lantai II Kantor Bupati TTU, Kamis (20/6/2019). 

Bahas Masalah Stunting, Pemda TTU Gelar Rapat Koordinasi Lintas Stakeholders

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU--Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) menggelar rapat koordinasi lintas stakeholders dalam rangka membahas kasus stunting yang terjadi di daerah tersebut.

Rapat koordinasi lintas stakeholders tersebut dilaksanakan di Aula Lantai II Kantor Bupati TTU, Kamis (20/6/2019) yang dimulai sekira pukul 10:00 Wita sampai sore hari sekira pukul 15:00 Wita.

Kegiatan rapat koordinasi lintas stakeholders tersebut dilaksanakan atas kerja sama antara pemerintah daerah Kabupaten TTU dengan Kementerian Kesehatan RI dan Fakultas Kesehatan Undana.

Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes mengatakan, rapat koordinasi lintas stakeholders tersebut dilakukan guna membahas trend kasus stunting di Kabupaten TTU yang terus meningkat secara sgnifikan.

"Oleh karena itu pada hari ini, saya kumpulkan seluruh pemangku kepentingan dari desa sampai Kabupaten untuk kita action. Jadi mulai hari Senin ini kita turun dari desa ke desa mulai melakukan pengukuran sendiri," ujarnya.

Pengukuran sendiri terhadap penderita stunting dilakukan, agar pihaknya bisa memperoleh data mengenai jumlah para penderita stunting yang lebih akurat, karena berbicara tentang stunting berarti berbicara tentang harga diri dari suatu desa atau suatu daerah.

"Oleh karena itu, kalau angka stunting menjadi sangat tinggi maka kita tidak bermartabat. Oleh karena itu, kita harus turun ke bawah, melibatkan semua tanpa uang pemerintah," jelasnya.

Ramalan Zodiak Hari Ini Jumat 21 Juni 2019, Cancer Fokus, Leo Sinar Matahari, Zodiak Lain?

Inilah Sosok Vicy Melanie, Kekasih Kevin Aprilio, Putra Addie MS - Memes yang Cantik dan Seksi

Live Streaming K-Vision Timnas Uruguay vs Jepang Copa America 2019, Jumat (21/6) Jam 06.00 WIB

Meninhkatnya kasus stunting di Kabupaten TTU disebabkan oleh dosa para pengambil kebijakan seperti bupati, para camat, kepala desa, dinas kesehatan, dan dosa semua pihak yang berhubungan dengan masalah stunting.

"Maka saya minta kontribusi dari masing-masing sekaligus untuk memberi makanan tambahan bagi balita yang terindikasi stunting, karena pertumbuhan yang lambat sehingga rangka tubuhnya sangat pendek," ungkapnya.

Setelah melakukan pengukuran sendiri, jelas Raymundus, pihaknya optimis akan mendapatkan data yang valid mengenai jumlah penderita stunting di wilayah Kabupaten TTU.

"Karena data yang di survei pada bulan Desember, ternyata berbeda dengan data yang di puskesmas. Oleh karena itu saya tidak percaya dua data itu, dan hari Senin saya turun lakukan sendiri, tanpa uang negara dan melibatkan semua pihak," pungkasnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved