Pemkab Malaka Sudah Siapkan Poktan Penyuplai Sayur Selama El Tari Memorial Cup 2019

selama kegiatan El Tari Cup, semua tim pasti membutuhkan sayur-sayuran. Oleh karena itu, pemerintah menyiapkan kelompok tani yang bergerak di usaha

Pemkab Malaka Sudah Siapkan Poktan Penyuplai Sayur Selama El Tari Memorial Cup 2019
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
BIBIT SAYURAN--Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Malaka, Yustinus Nahak (kiri) menerima bantuan bibit sayuran dari BPTP Kupang kepada wartawan, Selasa (18/6/2019). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS KUPANG.COM| BETUN----Pemerintah Kabupaten Malaka telah mempersiapkan 18 kelompok tani (poktan) yang bergerak di usaha sayur-sayuran. Kelompok tani tersebut tersebar dua kecamatan yakni, Kecamatan Malaka Tengah dan Kobalima.

Kelompok tani tersebut mengembangkan usaha sayur-sayuran untuk suplai selama kegiatan turnamen El Tari Memorial Cup (ETMC).

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Malaka, Yustinus Nahak kepada wartawan, Kamis (20/6/2019).

Menurut Yustinus, selama kegiatan El Tari Cup, semua tim pasti membutuhkan sayur-sayuran. Oleh karena itu, pemerintah menyiapkan kelompok tani yang bergerak di usaha sayur-sayuran. Mereka menanam sayur dalam pengawasan dinas teknis agar sayur yang dihasilkan lebih berkualitas dan bebas dari bahan kimia.

"Sesuai arahan bupati, sayur-sayuran yang disiapkan petani harus segar dan bebas dari bahan-bahan kimiawi. Tim Pakar RPM dan petugas dari dinas akan mengawal semua proses di lapangan agar hasil produksi sayuran sesuai standart mutu produksi yang ditentukan," kata Yustinus.

Menurut Yustinus, aneka bibit sayur yang akan ditanam para petani sudah disiapkan. Bibit sayur diberikan BPTP Kupang beberapa hari lalu.

Saat ini masih dilakukan persiapan lahan dan pembedengan. Bagi kelompok yang sudah siap bisa melakukan penanaman sehingga saat kegiatan ETMC berlangsung nanti sudah produksi.

Ada 18 kelompok tani yang akan menanam sayur untuk kebutuhan tamu ETMC. Kelompok tani tersebut tersebar di 13 desa di dua kecamatan

Adapun aneka bibit sayuran yang didapat BPTP Kupang yakni, terong ungu, pitsai, sayur putih, teromg hijau, kangkung darat, bayam hijau, pare, cabai rawit dan mentimun.

Pejabat dari BPTP Kupang, Helena Da Silva kepada wartawan mengatakan penyerahan bantuan benih sayuran itu sebagai wujud konkrit BPTP dalam mendukung dan mengimplementasikan program RPM yang diusung Bupati Stefanus Bria Seran. (jen/Adv).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved