Pemda Manggarai Barat Tunda Pembangunan Saluran Irigasi di Persawahan Terang

Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), menunda pembangunan saluran irigasi tekhnis di areal Persawahan Terang, Kecamatan Boleng.

Pemda Manggarai Barat Tunda Pembangunan Saluran Irigasi di Persawahan Terang
POS KUPANG/SERVATINUS MAMMILIANUS.
Kepala Bappeda Mabar Fransiskus S. Sodo.   

Laporan Reporter POS--KUPANG.COM, Servatinus Mammilianus

POS--KUPANG.COM | LABUAN BAJO--Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), menunda pembangunan saluran irigasi tekhnis di areal Persawahan Terang, Kecamatan Boleng.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mabar Fransiskus S. Sodo, menjelaskan bahwa hasil survei dari tim UGM merekomendasikan agar pembangunan itu tidak bisa dengan irigasi tekhnis.

Pemkab Malaka Sudah Siapkan Poktan Penyuplai Sayur Selama El Tari Memorial Cup 2019

"Tetapi harus menggunakan pipa dan hanya bisa untuk 124 hektar sawah dari total ribuan hektar. Tidak bisa irigasi tekhnis karena struktur tanahnya muda menyerap air, potensi kehilangan airnya tinggi. Pemda memutuskan tidak bisa kalau menggunakan pipa. Kecuali kalau ada sumber air lain untuk menambah debit agar semua lahan sawah bisa terjangkau," kata Kepala Bappeda yang lebih akrab disapa Pak Hans itu.

MENGEJUTKAN! Pemprov NTT Segel dan Ambil Alih Hotel Sasando Kupang

Setelah tim dari UGM kata dia, pihaknya juga sudah berkonsultasi dengan Institut Tekhnologi Semarang (ITS) terkait studi pembangunan itu.

"Menurut mereka, studinya tidak bisa hanya setahun tetapi bertahun-tahun. Jangan sampai nanti dibangun tetapi mubasir. Jangan sampai biaya investasi tidak sebanding dengan potensi air baku," kata Hans.

Pemerintah kata dia tetap berupaya mencari alternatif lain agar Sawah Terang tidak kesulitan air.(*)

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved