Pasca Lebaran, 4 Cara Ini Bisa Bantu Anda Atasi Gula Darah Tinggi

Lebaran identik dengan lontong sayur, opor ayam, dan rendang. Asupan santan dan karbohidrat secara berlebihan tentu bisa menyebabkan gula darah tinggi

Pasca Lebaran, 4 Cara Ini Bisa Bantu Anda Atasi Gula Darah Tinggi
Thinkstockphotos
Thinkstockphotos Ilustrasi 

POS KUPANG.COM- – Lebaran identik dengan lontong sayur, opor ayam, dan rendang. Asupan santan dan karbohidrat secara berlebihan tentu bisa menyebabkan gula darah tinggi. Bagi diabetesi, jika dibiarkan tentu dapat berujung pada komplikasi.

Memang belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit diabetes, namun Anda bisa mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil. Kadar gula darah normal berada pada batas 4-8 mmol/l (70-150 mg/dl).

Adapun 4 cara efektif untuk membuat gula darah tinggi normal kembali!

Rutin monitor kadar gula darah

Ketika gula darah melonjak, segera diskusikan dengan dokter berapa target kadar glukosa darah yang harus dicapai. Umumnya, dokter akan menyarankan tes glukosa darah untuk mengukur jumlah gula darah sebelum dan sesudah makan.

Anda pun wajib memiliki meteran gula darah sehingga diabetesi bisa rutin mengawasi kadar gula darah sehari-hari, baik itu ketika di rumah atau bepergian.

Bupati Malaka Stefanus Bria Seran,Tinjau Tiga Lapangan Pertandingan ETMC

Suntik insulin

Setelah memeriksakan diri Anda ke dokter, konsultasikan apakah jumlah gula darah Anda segera membutuhkan tindakan suntik insulin. Insulin merupakan hormon yang dihasilkan oleh pankreas dan mampu mengolah gula menjadi energi.

Orang yang menyandang penyakit diabetes memiliki ketidakmampuan tubuh untuk mengolah energi tersebut sehingga dibutuhkan suntik insulin untuk menetralisasi kadar gula darah. Agar bekerja lebih cepat, suntiklah pada bagian perut dibandingkan di bagian lengan atas atau kaki.

Baca: 5 Gejala Diabetes Yang Sering Diabaikan, Wajib Waspadai!

Halaman
12
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved