BUMDes Mesti Memberi Energi Ekonomi Desa  di  Flores Timur

Keberhasilan pembangunan suatu desa tidak saja diukur dengan seberapa kilometer lorong desa yang disemenisasi, talut pengaman banjir dan gapura yang

BUMDes Mesti Memberi Energi Ekonomi Desa  di  Flores Timur
Pos Kupang.com/Eugenius Moa
Foto/Humas Setda  Flotim Peserta  Bimtek  BUMDes foto bersama  Wabup  Flotim, Agus Payong Boli,   di Aula Kantor Desa Wailolong, Kecamatan Ile Mandiri,  Kabupaten  Flotim,  Pulau  Flores, Selasa (18/6/2019) 

POS-KUPANG.COM, LARANTUKA—Keberhasilan pembangunan suatu desa tidak saja  diukur dengan seberapa  kilometer lorong desa yang disemenisasi, talut pengaman banjir dan gapura yang dibangun.

Tetapi sejauh mana menggeliatnya perekonomian masyarakat di desa melalui beroperasinya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).  BUMDes sebagai salah satu lokomotif  dengan segala  daya  harus memberi energi ekonomi di desa.

Penegasan itu disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Flotim, Agustinus Payong Boli, membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan BUMDes di Aula Kantor Desa Wailolong, Kecamatan Ile Mandiri, Selasa (18/6/2019) seperti disampaikan  Kabag  Humas dan Protokol Setda Flotim, Heronimus Lamawuran, Rabu (19/6/2019)  di Larantuka.

Kadis Peternakan TTU Sebut Kontes Ternak Motivasi bagi Peternak

Pembangunan fisik dan pertumbuhan ekonomi di  desa, kata  Agus Boli, harus berbanding lurus. Karena itu BUMDes mesti  memberikan energi ekonomi di desa.    

Ia  mendorong agar semua desa di Flotim  mendirikan BUMDes. Setiap desa juga harus  menjalin kerjasama ekonomiantar desa melalui BUMDes.

Heri  Lamawuran menambahkan, Bimtek  melibatkan 93 peserta  utusan setiap   desa untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pengurus dalam pengelolaan BUMDes. Diharapkan,  pengurus dapat mengelola BUMDes secara profesional meningkatkan pendapatan masyarakat dan pendapatan asli desa demi tercapainya kesejahteraan masyarakat dan kemandirian desa.

Bimtek   dihadiri  Kabid Pengembangan Ekonomi Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Flotim, Maria Rosadalima Kelen,  Sekretaris Camat Ile Mandiri, Saverius Nobo Lian,  Tenaga Ahli Perencanaan Partisipasif Pembangunan Masyarakat desa (P3MD) Gabriel Goleng, Royneldis Charly S, Theodorus Herin, Anderas F.Lamabahi, dan Kepala Desa Wailolong, Yosep Pehan Hurin. (laporan wartawan pos-kupang.com, eginius  mo’a)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved