Musibah Tenggelamnya KM Nusa Kenari 02 di Alor, Semua Korban Hilang Ditemukan

Dalam Musibah Tenggelamnya KM Nusa Kenari 02 di Kabupaten Alor, Semua Korban Hilang Ditemukan

Musibah Tenggelamnya KM Nusa Kenari 02 di Alor, Semua Korban Hilang Ditemukan
POS-KUPANG.COM/SAR Kupang
Evakuasi Korban tenggelam pada hari keempat, Selasa (18/6/2019). 

Dalam Musibah Tenggelamnya KM Nusa Kenari 02 di Kabupaten Alor, Semua Korban Hilang Ditemukan

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Seluruh korban yang dinyatakan hilang saat musibah tenggelamnya kapal motor KM Nusa Kenari 02 pada Sabtu (15/6/2019) subuh di Tanjung Margeta Kecamatan Alor Barat Daya Kabupaten Alor Provinsi NTT telah berhasil ditemukan.

Kelima korban hilang dalam peristiwa naas tersebut ditemukan pada waktu berbeda oleh tim SAR Gabungan dalam operasi pencarian dan pertolongan yang dilaksanakan selama empat hari.

Warga Desa Karang Indah, SBD Siap Menerima Kedatangan Gubernur NTT

Pada operasi pencarian hari keempat (Selasa, 18/6/2019) Tim SAR Gabungan berhasil menemukan korban kelima atau korban terakhir dalam peristiwa tenggelamnya kapal milik Pemda Alor tersebut.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere, I Putu Sudayana, S.E.,M.AP kepala POS-KUPANG.COM pada Selasa (18/6/2019) mengatakan dari total lima korban yang dinyatakan hilang usai peristiwa tenggelamnya kapal KM Nusa Kenari 02 pada Sabtu, semuanya telah ditemukan.

Reza Rahardian Dikerumuni Siswa SDN Dendeng

Putu menjelaskan, berdasarkan data yang diperoleh pihaknya, POB yang ikut dalam pelayaran tersebut berjumlah 52 orang yang terdiri dari 48 penumpang dan 4 anak buah kapal (ABK).

Dalam musibah yang terjadi pada Sabtu subuh, sebanyak 45 orang dinyatakan selamat dan dua (2) lainnya ditemukan tewas, sedang lima (5) orang dinyatakan hilang.

Putu kemudian merinci, pada Operasi pencarian dan pertolongan yang dilaksanakan, pada hari kedua, Minggu (16/6/2019), tim SAR gabungan berhasil menemukan satu korban dalam keadaan meninggal dunia. Pada operasi hari ketiga pada Senin (17/6/2019), tim SAR Gabungan kembali berhasil menemukan tiga korban lain juga telah dalam keadaan meninggal. Dan puncaknya, pada pelaksanaan operasi hari keempat pada Selasa (18/6/2019), tim berhasil menemukan satu korban yang merupakan korban hilang terakhir musibah tersebut.

Sehingga lanjutnya, total korban meninggal dalam kecelakaan tersebut sebanyak tujuh (7) orang penumpang.

Korban yang ditemukan dalam pencarian hari keempat teridentifikasi bernama Maria Malaikosa (70). Korban hilang kelima tersebut ditemukan di sekitar 30 mil dari Pelabuhan Kalabahi, Kabupaten Alor.

Usai proses evakuasi korban dengan menggunakan Kapal Negara (KN) Antareja 233 milik Basarnas Kupang, operasi pencarian dan penyelamatan korban kecelakaan KM Nusa Kenari 02 dinyatakan ditutup.

Korban meninggal yang terdata terdiri dari Hariati Bana Makani (26) warga Desa Kiraman Kecamatan Alor Selatan yang berprofesi sebagai guru honor pada SDN Siberia, dan Matilda Sailana (42) warga Mademang, Desa Langkuru.

Berikut korban hilang dalam musibah kapal tenggelam yang ditemukan terdiri dari, anak laki yang tidak teridentifikasi, Reynhard Banamakani Rihi laki laki berusia 6 tahun, Natania Raya Napoe perempuan berusia 30 tahun, Lukas Lasibey laki laki usia 40 tahun dan Maria Malaikosa perempuan 70 tahun. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved