Thomson Toelle: Jabatan adalah Sebuah Kepercayaan dan Amanah

ni semua jalan Tuhan. Semua dalam rancangan dan rencana Tuhan. Saya pun tak pernah menyangka bisa seperti ini karena sebagai abdi negara, saya cukup

Thomson Toelle: Jabatan adalah Sebuah Kepercayaan dan Amanah
Pos Kupang.com/Ferry Ndoen
Thomson A Toelle, SST, PPK ATAB I 

Laporan Wartawan Pos Kupang.com, Ferry Ndoen

SAAT ditemui pertama di ruang kerjanya, wajah selalu menebar senyum. Namun tebaran senyumannya bukan dibuat-buat, namun itu sikap alami dan perilakunya yang periang dan penuh canda.

Itulah sosok Thomsos A Toelle, SST, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Air Tanah dan Air Baku (ATAB) 1 Wilayah Timor dan kepulauan (Rote, Sabu dan Alor), pada Satker SNVT ATAB Nusa Tenggara II, Provinsi NTT, saat diwawancarai wartawan Pos Kupang.com, di Kantornya, di Jalan SK Lerik, Kupang, Senin (17/6/2019).

Dengan wajah penuh senyum sesuai karakter dan pembawaannya, pria berbadan ramping yang akrab disapa Sonny Tulle ini menceritakan kisahnya bagaimana ia memulai karier dari nol saat masih menjadi pegawai honor 28 tahun silam.

Pria kelahiran Kupang, 30 April 1970 ini mengulas sedikit kisah perjalanan kariernya saat menapaki pekerjaan sebagai ASN lingkup Kementerian PUPR.

"Beta memulai karier sebagai tenaga honor tahun 1989 silam. Beta memulai karier sebagai tenaga honor di tempat ini usai tamat Sekolah Teknik Mesin (STM) Kupang. Saat itu, SNVT ATAB masih bernama bagian proyek P2AT. Pak Menteri PU juga pernah bertugas dan mengabdi di kantor proyek ini. Saat itu, tahun anggaran masih berjalan pada bulan Juni hingg Juni," kisah Sonny.

Lalu, Sonny pun mengikuti tes CPNS di Bali, dan lulus menjadi PNS di Kementerian PUPR tahun 2004. Lalu, tahun 2005 resmi ia menjadi PNS.

Ia pun menggeluti pekerjaan di Kantor P2AT NTT hingga ia pun melanjutkan pendidikan mengambil D3 di Politenik Negeri Kupang dan diwisuda tahun 2010.

Setelah diwisuda dengan gelar Diploma III, naluri menimbal ilmu untuk terus memperbaiki diri serta nasibnya sebagai seorang abdi negara dan abdi masyarakat terus terpatri dalam diri seorang Sonny Tulle.

Dia pung kembali menimba ilmu melanjutkan pendidikan mengambil D4 di Poltek Negeri Kupang dan diwisuda tahun 2015.

Usai diwisuda, Sonny pun ditarik pimpinan Kepala BWS NT II ke kantor Balai menjadi staf di Seksi Perencanaan dibawah bimbingan Ir. Marchabhan Soeparno, Msi.

"Ini semua jalan Tuhan. Semua dalam rancangan dan rencana Tuhan. Saya pun tak pernah menyangka bisa seperti ini karena sebagai abdi negara, saya cukup enjoy saat bertugas di lapangan," paparnya polos.

Namun dia mengakui, siapa yang bertekun dalam pekerjaan pasti akan menuai hasilnya karena semua yang dikerjakan dengan hati dan dengan penuh tanggung jawab pasti akan dinilai dan dilihat pimpinan.

"Puji Tuhan, setelah bertugas di Seksi Perencanaan di Balai Wilayah Sungai NT II, saya lalu ditempatkan sebagai Pelaksana Teknik (Peltek) di PPK ATAB 1, lalu tahun 2007-2018 sebagai Koordinator Teknik (Kortek) di Satker ATAB NT II hingga dipercaya pimpinan menjadi PPK ATAB I tahun 2019, "paparnya.

Dia mohon dukungan semua teman-teman kerja, serta tetap memohon bimbingan para senior, juga pimpinan baik Kasatker ATAB NT II, Pahlawan Perang ST, MT dan Kepala BWS NT II, Ir. Agus Sosiawan, ME agar dirinya bisa melaksanakan tugas dengan baik sesuai tupoksinya sebagai seorang PPK. (fen)

Penulis: Ferry Ndoen
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved